Film Lightyear Jadi Polemik, Karena Adegan Ini!
Entertainment

Film Lightyear Jadi Polemik, Karena Adegan Ini! 

peristiwa.info – Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Rommy Fibri Hardiyanto menyarankan Disney untuk mempertimbangkan adegan ciuman sesama jenis dalam film Lightyear sehingga bisa tayang di Indonesia. LSF menilai adegan tersebut sebagai adegan LGBT. Penilaian tersebut keluar setelah LSF meninjau film Lightyear yang dikirim oleh Disney pada Mei lalu. Lembaga itu pun memberikan hasil tinjauan tersebut kepada pihak Disney.

“Kami tidak menyarankan itu dihapus. Silahkan si pemilik film membuat keputusan sendiri itu mau diapakan karena pemilik film yang paling tahu itu adegan diapakan. Jadi, kami menyerahkan kepemilik filmnya,” ucap Rommy. Penyensoran film oleh LSF mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. Peraturan ini mengatur tentang pedoman dan kriteria penyensoran, penggolongan usia penonton, dan penarikan film dan klan film dari peredaran. Mengacu dari peraturan tersebut, Rommy menganggap adegan ciuman sesama jenis dalam film Lightyear termasuk dalam perilaku seks yang menyimpang atau tidak wajar.

“Karena LGBT itu masih dianggap menyimpang, maka LSF memberikan catatan
itu” kata Rommy. Kini, LSF menunggu jawaban dari Disney terkait saran mereka untuk adegan tersebut. la juga menegaskan bahwa LSF membuka ruang dialog dengan Disney untuk membahas adegan tersebut. “Dalam proses penyensoran LSF selalu membuka dialog untuk hal semacam ini. Jadi, kita bisa berdiskusi mana yang masih dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia dan mana yang tidak”. Sekarang keputusan ada ditangan Disney, pihak LSF masih menunggu. Selama belum mendapatkan Surat Tanda Lulus Sensor (STLS), maka film Lightyear belum bisa tayang di Indonesia.

Peliput : Ahmad Sayuti

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *