Kabar Kampus

Siap Sambut Mahasiswa Baru, UTBK SBMPTN ULM Gelombang Pertama Berjalan Lancar 

peristiwa.info – Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan kembali melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. Pada pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini ULM menyiapkan sebanyak 700 unit komputer untuk 10.113 peserta ujian yang sudah mendaftar. “Ruang ujian tersebar di 9 lokasi dan 23 ruangan yang tersebar di fakultas dan gedung di kampus ULM Banjarmasin,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd ketika memantau langsung pelaksanaan ujian di Kampus ULM Banjarmasin.

Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang. Pertama dilaksanakan mulai 17 sampai 23 Mei 2022. Kemudian gelombang kedua akan dimulai tanggal 28 sampai 29 Mei 2022. Untuk 10.113 peserta terdaftar mengikuti UTBK SBMPTN di ULM terbagi dalam 4.378 peserta ujian saintek, 4.466 peserta ujian soshum dan 1.269 peserta ujian campuran. Wakil Rektor menyebut peserta tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 9.850 orang. Beliau juga menyebutkan bahwa setiap tahunnya peminat ULM di jalur SBMPTN selalu meningkat sehingga ULM juga berusaha untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi peserta ujian.

Kepada peserta ujian tahun ini, Wakil Rektor mengingatkan bahwa protokol kesehatan tetap wajib dipatuhi peserta selama pelaksanaan ujian mengingat masih situasi pandemi COVID-19. Untuk menegakkan aturan, panitia UTBK SBMPTN siap menjalankan tugas sesuai arahan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). ULM menyediakan kursi untuk SBMPTN minimum 40 persen dari jumlah mahasiswa baru yang tahun ini totalnya 6.265 orang.

Sebelumnya ULM telah menerima calon mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan prestasi akademik sebanyak 1.253 orang. Namun ada 117 orang tidak melakukan daftar ulang, sehingga kursi kosong yang tersisa dialihkan untuk mahasiswa di SBMPTN.

Peliput : M. Yasir

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *