Begini Keadaan Perang Rusia-Ukraina yang Masih Berlangsung, Hingga Menjadi Sorotan Dunia
Sumber Foto : okezone.com
Hukum dan Politik

Begini Keadaan Perang Rusia-Ukraina yang Masih Berlangsung, Hingga Menjadi Sorotan Dunia 

peristiwa.info – Tepat Kamis 24 Februari 2022 Rusia menyerang Ukraina hingga berujung terdengar rentetan suara ledakan di sejumlah tempat di Ukraina. Hingga saat ini serangan Rusia terhadap Ukraina masih berlangsung dan terus menjadi sorotan dunia.

Suara-suara ledakan terdengar pada Kamis pagi waktu setempat di Kiev, ibu kota Ukraina dan kota pelabuhan Mariupol, tak lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi untuk “demiliterisasi” negara itu.

Ledakan juga terjadi di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, yang terletak 35 kilometer (20 mil) selatan perbatasan Rusia dan di luar zona timur di mana pasukan Ukraina telah memerangi pemberontak yang didukung Moskow sejak 2014.

Sumber Foto : isubogor.com

Putin memperingatkan akan ada konsekuensi berat bagi negara-negara lain yang ikut campur dalam perang tersebut.

“Setiap upaya untuk campur tangan akan mengarah pada konsekuensi yang belum pernah Anda lihat,” kata Putin.

Rusia mengklaim telah melancarkan serangan militer ke Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah menyerang pangkalan udara dan sistem pertahanan udara Ukraina.

Situasi perbatasan Ukraina-pun kini makin tegang. Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan wilayahnya sudah ditembaki 80 kali oleh wilayah pro Rusia, mulai Selasa malam.

Wilayah itu adalah Shchastya. Kota itu menjadi garis depan peperangan karena dekat dengan Donetsk dan Lugansk

Menurut warga sekitar, sebagai mana dimuat AFP, tembakan mortir dan senjata lainnya makin intens. Ledakan yang memekakkan telinga mulai mengguncang dinding dan memicu alarm mobil.

Listrik, pemanas, dan air telah mati di kota itu. Warga bahkan bersembunyi di ruang bawah tanah.

Militer Ukraina ternyata tidak tinggal diam dengan serangan pihak Rusia. Militer Ukraina mengklaim telah menembak jatuh pesawat dan helikopter militer Rusia di wilayah Luhansk. Ada lima pesawat dan 1 helikopter yang berhasil ditembak jatuh.

Sebelumnya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pasukan militer Rusia telah menyerang “infrastruktur militer” dan para penjaga perbatasan negaranya. Meski invasi skala penuh telah dilancarkan Rusia, Zelensky meminta warganya untuk tidak panik dan dia bertekad akan menang.

Dalam pesan video yang diposting di Facebook, Zelensky juga mengumumkan keadaan darurat nasional. Pengumuman disampaikan pasca operasi untuk ‘demiliterisasi’ terhadap Ukraina disamaikan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dilansir dari detik.com, pada November 2021, citra satelit memperlihatkan penumpukan 100.000 tentara bersama dengan tank dan perangkat keras militer Rusia lainnya di perbatasan Ukraina.

Kemudian pada 7 Desember 2021, Presiden AS Joe Biden memperingatkan Rusia tentang sanksi ekonomi dari Barat jika menyerang Ukraina. Selang 10 hari kemudian, Rusia mengajukan tuntutan keamanan yang terperinci kepada Barat, termasuk bahwa NATO menghentikan semua aktivitas militer di Eropa timur dan Ukraina. Rusia juga meminta NATO untuk tidak pernah menerima Ukraina atau negara-negara bekas Soviet lainnya sebagai anggota.

Pada 10 Januari 2022, pejabat AS dan Rusia bertemu di Jenewa untuk pembicaraan diplomatik namun gagal. Rusia mengulangi tuntutan keamanan yang menurut AS tidak dapat diterima. Selang dua pekan kemudian, NATO menempatkan pasukan dalam keadaan siaga dan memperkuat kehadiran militernya di Eropa Timur dengan lebih banyak kapal dan jet tempur. Beberapa negara Barat mulai mengevakuasi staf kedutaan dari Kiev.

Kemudian tanggal 26 Januari 2022, Washington memberikan tanggapan tertulis terhadap tuntutan keamanan Rusia, mengulangi komitmen terhadap kebijakan “pintu terbuka” NATO sambil menawarkan “evaluasi yang berprinsip dan pragmatis” atas keprihatinan Moskow. Peringatan soal invasi Rusia pun disampaikan berulang kali meski sempat meleset dari perkiraan.

Tepat 24 Februari 2022 perang telah dimulai. Suara-suara ledakan terdengar di sejumlah tempat di Ukraina. Dokumentasi serangan yang terjadi di ibu kota Ukraina, Kiev, serta sejumlah wilayah lain seperti Kharkiv turut meramaikan media sosial.

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *