Apakah Masih Ada Penyaluran Bantuan Kuota Kemendikbud Ristek 2022? Berikut Penjelasannya!
Kabar Kampus

Apakah Masih Ada Penyaluran Bantuan Kuota Kemendikbud Ristek 2022? Berikut Penjelasannya! 

peristiwa.info – Seperti diketahui bantuan kuota yang disalurkan oleh Kemendikbud Ristek dikhususkan untuk kelancaran dan kenyamanan saat pembelajaran jarak jauh kepada setiap universitas maupun sekolah. Kuota tersebut pertama kali disalurkan pada tahun 2020 untuk guru, murid, mahasiswa, dan dosen.

Sejak November 2021, Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud, Muhammad Samsuri mengatakan, bahwa untuk bantuan kuota data internet tahun 2022 tergantung situasi dan kondisi pandemi Covid-19. “Tahun depan sangat tergantung situasi dan kondisi, namun dalam skema perencanaan saat ini memang belum ada,” ujar Samsuri saat dihubungi kompas.com, Minggu (14/11/2021).

Dikutip dari laman kompas.com, Kepala Pusat Data dan Infomasi (Pusdatin), Kemendikbud Ristek M. Hasan Chabibie mengatakan bantuan kuota internet kepada pelajar telah berakhir pada Desember 2021. Pelajar di Indonesia tidak akan lagi mendapat bantuan kuota pada saat 2022.

Hal tersebut ditegaskan oleh M. Hasan Chabibie yang mengatakan, “Tahun depan sudah tidak ada lagi bantuan kuota internet,” kepada kompas.com, Senin (27/12/2021). Alasannya yakni di tahun 2022 diharapkan proses pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara berkala.

Akan tetapi, sejak Februari 2022 sebagian pembelajaran tatap muka di universitas dan sekolah kembali ditiadakan karena peningkatan Covid-19 yang kian melonjak. Padahal, saat Januari 2022 silam, PTM sudah mulai aktif di berbagai universitas dan sekolah. Dari kegiatan PTM yang ditiadakan tersebut, saat ini belum ada kejelasan atau informasi lebih lanjut tentang apakah bantuan kuota internet dari Kemendikbut Ristek akan disalurkan lagi atau tidak.

Peliput: Ghina Rahmadini dan Bima Palty Ananta Munthe

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *