Simak Hal yang Harus Dilakukan Agar Listrik Aman Saat Banjir
Lifestyle

Simak Hal yang Harus Dilakukan Agar Listrik Aman Saat Banjir 

peristiwa.info – (8/12) Potensi banjir bisa datang kapan saja saat cuaca ekstrim, baik ketika curah hujan yang tinggi atau ketika pasang air rob yang terjadi saat ini. Selain itu, kita ketahui bahwa air adalah penghantar yang baik untuk mengalirkan listrik sehingga hal itu dapat membahayakan lingkungan sekitar dan berakibat fatal saat terjadi banjir. Saat inilah PLN bersama dengan masyarakat untuk tanggap mematikan listrik saat banjir.

Nah, ada beberapa kondisi yang mengharuskan aliran listrik dipadamkan oleh PLN untuk sementara waktu agar tidak membahayakan lingkungan sekitar. Pertama, Apabila rumah pelanggan terendam banjir maka PLN akan langsung mematikan listrik dipemukiman tersebut untuk keselamatan bersama.

Apabila aliran listrik yang masih menyala diharapkan partisipasi masyarakat diarea pemukiman tersebut untuk sesegera mungkin melaporkan melalui contact center PLN 123. Kedua, Apabila gardu distribusi terendam air namun wilayah sekitar tidak banjir maka PLN juga akan segera mematikan listrik digardu tersebut, hal ini tentunya menyebabkan pasokan listrik dibeberapa lokasi terhenti sementara.

Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk mengantisipasi bahaya listrik saat banjir?

  1. Matikan instalasi listrik di dalam rumah;
  2. Segera cabut peralatan listrik di rumah yang masih tersambung dengan stop kontak;
  3. Naikkan alat elektronik ketempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir;
  4. Apabila aliran listrik dilokasi yang terkena banjir belum padam, segera hubungi contact center PLN 123;
  5. Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin, jika air terus meninggi hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana banjir.

Setelah banjir surut PLN memerlukan waktu untuk melakukan pembersihan dan penormalan gardu distribusi pasca banjir. Di sisi pelanggan dimohon untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering. Setelah semua instalasi di sisi pelanggan dan instalasi PLN sudah dipastikan kering maka proses pernomalan listrik dapat segera dilakukan setelah penandatangan berita acara yang disaksikan oleh ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat.

Oiya kita harus sama-sama sadar dan tahu bahwa instalasi listrik di dalam rumah adalah tanggung jawab pemilik rumah, PLN berwenang hanya sampai dengan KWH meter pelanggan. Yuk sama-sama kita amankan listrik saat banjir dan semoga bencana banjir kali ini segera surut dan pulih.

Peliput : Andrea Zahra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *