SpaceX Kembali Berangkatkan Empat Astronaut ke Luar Angkasa
Sains dan Teknologi

SpaceX Kembali Berangkatkan Empat Astronaut ke Luar Angkasa 

peristiwa.info – Dilansir dari CNN Indonesia, SpaceX akhirnya kembali memberangkatkan empat astronaut ke luar angkasa pada Rabu (10/11) malam waktu setempat. Perjalanan empat astronaut itu disebut sebagai misi Crew-3. Setelah sebelumnya astronaut dari misi Crew-2 sebelumnya telah mendarat jatuh di Teluk Meksiko.

Keempat astronaut Crew-3 terdiri dari Raja Chari, Kayla Barron, Tom Marshburn, dan Matthias Maurer. Keempatnya akan tiba di Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS) yang saat ini hanya dihuni satu astronaut NASA.

Keempat astronaut itu akan meluncur ke ISS menggunakan kapsul Crew Dragon yang dipasang pada roket Falcon 9 dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida. Menurut jadwal, pesawat ruang angkasa yang disebut Endurance itu akan berlabuh di ISS pada Kamis (11/11) pukul 19.10.

Salah satu astronaut dalam penerbangan luar angkasa kali ini, Raja Chari merupakan seorang kolonel Angkatan Udara AS sekaligus menjadi pemimpin di misi Crew-3 akan melakukan perjalanan pertamanya ke luar angkasa. Begitu juga dengan dua rekannya, Barron dan Maurer.

Para astronot Crew-3 juga akan melakukan perjalanan ruang angkasa untuk menyelesaikan peningkatan panel surya stasiun dan akan hadir untuk dua misi pariwisata, termasuk pengunjung Jepang yang naik pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia pada akhir tahun ini dan kru Space-X Axiom yang akan diluncurkan pada Februari 2022.

Kuartet astronaut ini akan menghabiskan enam bulan di pos orbit dan melakukan penelitian untuk membantu menginformasikan eksplorasi ruang angkasa di masa depan yang memberi manfaat bagi kehidupan di Bumi.

Peliput : Khairil Isra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *