ULM Anugerahi Gelar Doktor Kehormatan Kepada Paman Birin
Kabar Kampus

ULM Anugerahi Gelar Doktor Kehormatan Kepada Paman Birin 

peristiwa.info – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, mengikuti Sidang Terbuka Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kamis (28/10/2021). Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mendapat gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (Dr. HC), dalam kegiatan yang berlangsung di Auditorium ULM di Kota Banjarbaru. Dengan demikian, selengkapnya menjadi Dr. H. C. H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) resmi memberikan Doktor Kehormatan (Honoris Causa/HC) kepada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Upacara penganugerahan gelar Doktor HC itu dipimpin langsung oleh Rektor ULM Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc.. Pada upacara penganugerahan tersebut, Sahbirin Noor menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Kalsel Masa Depan Penyangga Pangan Nasional dan Ibu Kota Negara (IKN) Baru”.

Sahbirin Noor juga dipakaikan langsung jubah dan toga gelar kehormatan oleh Rektor ULM Prof. Sutarto Hadi. Terkait gelar Dr. HC, sebelumnya Sahbirin Noor juga akan mendapatkan gelar tersebut dari kampus lain di luar negeri. Namun ULM harus lebih dulu dibandingkan kampus lain.

Sebelumnya, BEM se-ULM telah melakukan audiensi dengan Rektor mengenai pemberian gelar kepada Gubernur Kalsel ini.  Sebab, banyaknya petisi penolakan terhadap kebijakan Universitas Lambung Mangkurat yang menilai Sahbirin tidak memenuhi kriteria untuk mendapat gelar doktor kehormatan. BEM ULM juga ingin meminta transparansi dari sistem penilaian dan karya ilmiah yang dikeluarkan Sahbirin sehingga menjadi indikator untuk mendapatkan gelar terhormat agar masyarakat dapat melihat dan menilai akan kelayakan Sahbirin mendapatkan gelar itu.

Peliput: Putri Kumala Sari

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *