Lestarikan Budaya Kalsel Melalui Webinar Kebudayaan Bepandung
Kabar Kampus

Lestarikan Budaya Kalsel Melalui Webinar Kebudayaan Bepandung 

peristiwa.info – Jumat, 22 Oktober 2021 telah diselenggarakannya webinar dengan tema “Kebudayaan Bepandung”, yang dilaksanakan pada pukul 15.00 WITA s/d selesai. Webinar ini merupakan kerja sama antara UKM Forum Apresiasi Seni Fakultas Hukum dengan Dies natalis Fakultas Hukum ke-63. Pelaksanaanya sendiri dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, dan terbuka untuk umum.

Dalam rangka menyukseskan webinar ini FAS FH ULM menghadirkan Riza Akhmad Fahlipi sebagai pemateri. Acara ini dihadiri oleh Dr. Hj. Erlina, S.H, M.H. selaku Wakil Dekan III Fakultas Hukum, serta Andhika selaku Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Bepandung sendiri merupakan kebudayaan tradisional Kalimantan Selatan yang berupa pertunjukan teater. Namun bepandung berbeda dengan bercerita biasa, bepandung lebih condong kepada seni keterampilan orang tersebut dalam bercerita seperti menirukan tingkah laku. Pemain yang memainkan pertunjukan ini disebut sebagai pandung, yang bermonolog menggunakan bahasa Banjar yang biasanya diawali dengan pantun ataupun syair-syair.

Adapun harapannya dalam pelaksanaan webinar ini ialah agar para mahasiswa dapat lebih mengenal kebudayaan Indonesia terutama budaya Kalimantan Selatan, dan tidak hanya terpaku budaya barat saja, ungkap Selviana Hartono selaku Ketua Pelaksana Dies natalis ke-63.

Peliput : Dewi Rostika Khairani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *