Unjuk Rasa Mahasiswa Evaluasi Kabinet Jokowi-Ma’ruf
Kabar Kampus

Unjuk Rasa Mahasiswa Evaluasi Kabinet Jokowi-Ma’ruf 

peristiwa.info – Sesuai agenda kegiatan Presiden Joko Widodo hari ini (21/10) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 lepas landas sekitar pukul 07.30 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta dan tiba sekitar pukul 11.00 WITA di Lanud Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Mengenakan jaket bomber, Jokowi bersama rombongan RI-1 disambut langsung oleh Gubernur Sahbirin Noor dan jajaran pejabat utama Polda Kalsel beserta Korem 101-Antasari. 

Sementara itu, puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Kalsel. Dikutip dari kalimantanpost.com, Koordinator Aksi, Zikri Nur Abadi mengatakan unjuk rasa ini digelar dalam rangka evaluasi dua tahun Kabinet Indonesia Maju kepemimpinan Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin. Bukan tanpa alasan, ia menilai aksi yang digelar kali ini mengambil sekaligus memanfaatkan momen kedatangan Presiden Joko Widodo.

Aksi yang dilakukan serentak secara nasional dalam rangka evaluasi dua tahun Kabinet Indonesia Maju ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Aksi ini mendapat kawalan ketat oleh pihak kepolisian dengan mengerahkan personel kurang lebih 200 anggota, baik dari Polda Kalsel hingga beberapa Polres gabungan lainnya dilengkapi dengan peralatan Dalmas seperti tongkat, tameng, baju dalmas, gas air mata, dan mobil water canon.

Aksi ini berlangsung mulai dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA. Namun tidak ada hasil yang didapat para demonstran dikarenakan tidak ada satupun pihak DPRD yang menemui para demonstran. Meski begitu salah satu anggota kepolisian yang berjaga mengatakan “Mahasiswa aman dan tertib menyampaikan pendapatnya sehingga tidak mengganggu acara peresmian Jembatan Sei Alalak”.

Hingga aksi unjuk rasa berakhir, Presiden Joko Widodo tetap melanjutkan agendanya untuk meninjau kegiatan vaksinasi di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh dan juga meresmikan Jembatan Sei Alalak.

Peliput : Andrea Zahra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *