Ingin Membentuk Badan Ideal ? Wajib Coba Olahraga Ringan Ini di Rumah
Lifestyle

Ingin Membentuk Badan Ideal ? Wajib Coba Olahraga Ringan Ini di Rumah 

peristiwa.info – Pada kondisi pandemi sekarang, kita diwajibkan untuk membatasi kegiatan di luar rumah dan dianjurkan untuk tetap diam di rumah karena seriusnya situasi di masa pandemi covid-19 sekarang. Tentu saja tetap di rumah jauh lebih aman dan juga sudah ada himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing.

Walaupun keadaan memaksa kita untuk berkegiatan dengan segala keterbatasan yang ada, olahraga di era pandemi tentunya tetap penting dan harus dilakukan karena dengan adanya olahraga pastinya berguna untuk mendukung respon imun, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan juga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain berguna untuk memelihara kesehatan, olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan dan juga membantu dalam menjadikan otot kencang serta membentuk tubuh yang ideal.

Berikut beberapa jenis olahraga ringan dan sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk kamu yang ingin membentuk badan ideal :

  1. Plank
    Plank merupakan salah satu latihan yang dapat kamu lakukan di manapun dan kapanpun. Plank adalah olahraga yang efektif menguatkan otot inti tubuh dan membentuk perut sixpack. Plank juga bermanfaat bagi seluruh bagian tubuhmu. Kamu akan menahan bagian perut dan bokong, sekaligus tangan dan kaki turut bekerja. Cukup lakukan plank selama 15 – 30 detik saja jika kamu masih baru. Setelahnya, kamu bisa menaikkan waktu plank. Gerakan olahraga plank mengharuskan seseorang untuk menempatkan kedua sisi tangannya termasuk siku di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push-up. Pria atau wanita pun bisa melakukannya, dengan postur yang sama.
  2. Sit up atau crunch
    Salah satu cara untuk mengecilkan perut tanpa menggunakan alat adalah sit up. Jika tidak kuat sit up, kamu juga bisa melakukan crunch atau sit up namun hanya naik setengah badan saja. Lakukan 4×8 set. Crunch dan sit-up adalah latihan yang kerap dilakukan untuk mendapatkan perut ramping. Target otot yang dilatih pada crunch terfokus pada otot perut. Sedangkan untuk sit-up, lebih banyak melatih otot lain dibandingkan otot perut.
  3. Squat
    Jika kamu ingin memperkuat tubuh bagian bawah, squat bisa menjadi pilihan latihan yang patut dicoba. Squat adalah latihan kekuatan dinamis yang membutuhkan beberapa otot di tubuh bagian bawah, serta bagian atas untuk bekerja sama. Squat terbilang sebagai olahraga yang sederhana, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa memerlukan peralatan tambahan. Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka kaki selebar bahu, lalu posisikan tubuh seolah sedang duduk di kursi dengan membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini untuk beberapa detik dan lakukan repetisi. Otot yang ditargetkan pada gerakan squat adalah tubuh bagian bawah, tapi kamu mungkin juga perlu menggunakan beberapa otot di atas pinggang.
  4. Stretching
    Stretching atau peregangan otot adalah aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat, dan sehat. Terdapat beragam jenis stretching yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Stretching umumnya dilakukan sebagai gerakan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Kendati demikian, stretching juga bisa dilakukan walau Anda tidak sedang berolahraga. Anda justru disarankan untuk melakukan stretching atau peregangan setidaknya 2 kali dalam seminggu, masing-masing selama 60 detik.
  5. Jumping Jack
    Jumping jack adalah salah satu variasi olahraga kardio yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Gerakan yang juga dikenal dengan istilah star jump ini juga memiliki segudang manfaat bagi kebugaran tubuh kamu. Selain itu, latihan ini tidak membutuhkan peralatan khusus dan bisa kamu lakukan di mana saja. Ditambah lagi, jumping jack adalah olahraga yang berdampak pada seluruh bagian tubuh. Jadi tidak hanya lemak di perut yang bisa dibakar, tetapi juga di lengan dan kaki. Gerakan yang dilakukan dalam jumping jack juga dapat melatih kekuatan jantung, paru-paru, dan otot dalam waktu bersamaan.

Selain pilihan di atas, bisa juga berolahraga di luar rumah. Namun, tentu olahraga di tengah pandemi mesti selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Sumber : Superyou.co.id dan primayahospital.com

Peliput : Rifdatul Istiqomah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *