Curah Hujan Tinggi, BMKG Ingatkan Waspada Banjir di Kalsel
Peristiwa News

Curah Hujan Tinggi, BMKG Ingatkan Waspada Banjir di Kalsel 

peristiwa.info – Curah hujan yang mulai meninggi satu minggu terakhir di Kalimantan Selatan membuat beberapa kota dan kabupaten mulai waspada banjir terutama di daerah yang rawan bencana banjir. Melihat situasi tersebut, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin mulai bersiap terhadap kemungkinan terjadinya banjir.

Dilansir dari Banjarmasin Post, PLT Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Edi Wibowo menjelaskan bahwa status Kota Banjarmasin sudah ditingkatkan menjadi waspada banjir. “Kita mulai masuk waspada, apalagi ini sudah musim penghujan,” katanya.

Edi juga menambahkan bahwa pihaknya pun sudah mulai melakukan koordinasi dengan BPBD Kalsel serta BMKG agar terus memantau perkembangan terkait curah hujan di Kalsel. “Dan menurut data hasil koordinasi dengan BPBD Kalsel dan Metrologi Geofisika di Banjarbaru. Status kita waspada,” jelasnya.

Dalam upaya mencegah adanya banjir, Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin juga sudah mengantisipasi warga untuk menjaga kebersihan aliran dan saluran air. “Jangan sampai ada yang buntu, agar air tidak tergenang,” jelasnya.

Teruntuk warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya diharapkan juga turut mewaspadai intensitas hujan tinggi ini, mengingat peran dari warga juga penting dalam menanggulangi hal ini.

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *