Banjarmasin dan Banjarbaru Turun Level PPKM, Satu Kabupaten di Kalsel Masih Bertahan di Level 4
Hukum dan Politik

Banjarmasin dan Banjarbaru Turun Level PPKM, Satu Kabupaten di Kalsel Masih Bertahan di Level 4 

peristiwa.info – Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru yang sebelumnya berstatus PPKM level 4, pada 12 September 2021, telah resmi turun ke level 3. Berbeda dengan 2 kota sebelumnya, Kotabaru masih bertahan di level 4 bersama Banda Aceh, Medan, Palangkaraya, Palu dan Bangka. Terlepas dari statusnya yang berada di level 4 PPKM, kasus konfirmasi, tingkat kesembuhan, tingkat kematian, hingga BOR di tiap daerah sudah membaik. 

“Tinggal Kotabaru yang berada di level 4. Kami optimis minggu depan akan turun level juga,” ujar M. Muslim selaku Kepala Dinas Kesehatan Kalsel. 

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, M. Muslim

Turunnya level PPKM di Banjarmasin dan Banjarbaru tidak serta merta menunjukkan bahwa puncak penularan Covid-19 sudah terlewati. “Tapi kalau dilihat dari mulai awal Juli sampai Agustus transmisinya waktu itu begitu cepat dan tinggi,” pungkasnya. Alasan PPKM Level 4 masih diterapkan di Kotabaru karena capaian vaksinasinya masih di bawah rata-rata nasional. 

Pemerintah memasukkan indikator capaian vaksinasi untuk evaluasi penurunan level PPKM di tiap daerah. Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 50 persen, dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 40 persen, sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 3 ke level 2.  Sedangkan syarat untuk bisa turun dari level 2 ke level 1 adalah cakupan vaksinasi dosis 1 mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia mencapai 60 persen.

Peliput : M. Fikri Anshari

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *