Sederet Fenomena Alam yang Terjadi di Bulan September, Wajib Kamu Tahu!
Sains dan Teknologi

Sederet Fenomena Alam yang Terjadi di Bulan September, Wajib Kamu Tahu! 

peristiwa.info – Di bulan September 2021 ini banyak fenomena alam yang langit Indonesia. Beberapa fenomena bisa terlihat di beberapa wilayah tanpa alat bantu penglihatan. Apa saja fenomena-fenomena yang dapat kita saksikan? Berikut rangkuman dan penjelasannya!

  1. Puncak hujan meteor Aurigid
    Fenomena ini sempat teramati selama 4 kali dalam satu abad terakhir yaitu pada tahun 1935, 1986, 1994, dan terakhir pada 2007. Pada 2021, hujan meteor sudah aktif sejak 28 Agustus hingga 5 September mendatang. Namun, puncaknya terjadi pada 1 September 2021 pukul 10.00 WIB.
    Fenomena hujan meteor ini bisa disaksikan secara langsung tanpa alat bantu penglihatan. Jika ingin menikmati fenomena ini disarankan mengamatinya pada saat cuaca cerah, bersih bebas polusi cahaya, dan bebas penghalang.
  2. Hari tanpa bayangan
    Fenomena ini terjadi ketika matahari berada tepat di atas langit Indonesia, dan hasilnya tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tak berongga saat tengah hari.
    Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) membeberkan wilayah di Indonesia yang akan mengalami hari tanpa bayangan pada 6 September hingga 21 Oktober 2021.
    Tanggal ini berbeda di setiap kota dan kabupaten di Indonesia, sesuai dengan letak lintang kota dan kabupaten tersebut.
  3. Fase Bulan baru
    Fenomena fase bulan baru atau yang biasa konjungsi solar Bulan merupakan kesalahan yang ditetapkan ketika Bulan terletak di antara Matahari dan Bumi yang segaris dengan Matahari dan Bumi.
    Fenomena ini hanya dapat disaksikan pada 7 September pukul 07.51 WIB, namun dapat diamati dengan alat bantu penglihatan.
  4. Konjungsi Bulan-Mars
    Berikutnya, fenomena konjungsi Bulan dan Mars pun akan terjadi di langit Indonesia. Fenomena langit ini sudah dapat diamati mulai tanggal 7-8 September. Dan puncaknya ada pada tanggal 8 September 2021 pukul 02.36 WIB dini hari.
  5. Merkurius di titik tertinggi senja
    Sebenarnya sejak bulan Agustus silam, Merkurius sudah muncul dikala langit senja. Dan pada 9-11 September akan terjadi fenomena Merkurius berada di titik tertinggi ketika senja dan bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Nah, itulah 5 fenomena langit yang akan menghiasi bulan September kali ini yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

Peliput : Haya Shofiyya

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *