Presiden Jokowi Lantik Sahbirin-Muhidin sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel
Hukum dan Politik

Presiden Jokowi Lantik Sahbirin-Muhidin sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel 

peristiwa.info – Sahbirin Noor dan M. Muhidin resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan untuk masa jabatan 2021-2024 Acara pelantikan dilaksanakan pada Rabu 25 Agustus 2021 yang bertempat di Istana Negara.

Dikutip dari Kompas.com pelantikan kedua pejabat publik tersebut berdasarkan pada surat Keputusan Presiden (Keppres) 105/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sektretariat Negara, Nanik Purwanti.

“Menetapkan, mengesahkan pengangkatan dalam jabatan, terhitung sejak saat pelantikan masing-masing kepada saudara Sahbirin Noor sebagai Gubernur Kalsel 2021-2024 dan Muhiddin sebagai Wakil Gubernur Kalsel 2021-2024,” kata Nanik.

Proses kirab kemudian dilakukan Jokowi yang didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan kedua pejabat dengan berjalan kaki menuju Istana Negara. Proses kirab dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jokowi lantas menanyakan kesediaan kedua pejabat sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah sebelum diambil sumpah jabatan.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudar, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?,” kata Jokowi, Rabu (25/8/2021). Jokowi kemudian meminta kedua pejabat publik mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan di depan para tamu undangan. “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi yang diikuti kedua pejabat.

Acara pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden untuk selanjutnya diikuti oleh para undangan terbatas. Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

peliput : Indra Imam

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *