Kecanduan Gadget Dapat Membahayakan Kesehatan Anda, Simak Dampaknya!
Sains dan Teknologi

Kecanduan Gadget Dapat Membahayakan Kesehatan Anda, Simak Dampaknya! 

peristiwa.info – Handphone (HP) adalah alat komunikasi yang mempunyai banyak manfaat bagi pengunanya. Oleh karenanya, hampir setiap orang mempunyai HP dan bahkan alat komunikasi tersebut seperti kebutuhan yang selalu dibawa-bawa kemana saja. Dengan bentuk yang mudah dibawa, fitur yang banyak dan manfaat yang besar yang dapat dinikmati. Akan tetapi, tak banyak orang menyadari dampak negatif HP bila pemakaiannya tidak terkontrol dan berlebihan. Kebiasaan inilah yang kemudian bisa menimbulkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Terjadinya dampak negatif ini tergantung pada intensitas penggunaannya. Semakin tinggi tingkat penggunaan, semakin tinggi juga resiko yang akan didapat. Berikut beberapa dampak negatif penggunaan HP diantaranya:

1. Trigger thumb (jempol menekuk)
Trigger thumb terjadi akibat penenbalan pada pembungkus tendon ibu jari. Pada kodisi ini, ibu jari menjadi kaku dan tetap dalam keadaan bengkok meski sedang tidak menggunakan HP. Jika dipaksa untuk kembali pada posisi lurus, ibu jari yang kaku ini akan menimbulkan bunyi gemeretak dan rasa sakit pada sendi.

2. Cubital tunnel syndrome
Pada saat menggunakan HP siku cenderung akan menekuk siku atau bertumpu pada siku, terlebih pada saat rebahan. Jika hal ini terlalu sering dilakukan, ada resiko yang aka mengganggu ssaraf ulnaris dibagian sikumu. Akibatnya, kamu bisa mengalami mati rasa, kesemmutan, atau nyeri yang menjalar mulai dari siku hingga kelingking dan jari manis.

3. Text neck syndrome
Terlalu sering menggunakan HP yang berlebihan akan cenderung membuatmu terlalu banyak menengok ke bawah. Kebiasan ini lama-kelamaan dapaat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher, sehingga leher terasa kaku dan sakit. Nyeri yang ditimbulkan bahkan bisa menjalar hingga bahu dan lengan.

4. Merusak peglihatan
HP atau komputer tidak dirancang untuk penggunaan jarak dekat. Hal ini memaksa mata penggunanya terus-menerus fokus untuk melihat dilayar. Kebiasaan ini bisa menyebabkan mata lelah, apalagi jika berjam-jam bermain HP. Pada layar HP terdapat pancaran sinar radiasi yang dapat menimbulkan mata merah atau iritasi, mata kering, dan penglihatan menjadi kabur. Bahkan terlalu sering menatap HP dapat membuat mata minus dan rabun.

5. Gangguan tidur
Dampak yang umum dirasakan bagi pecandu gadget yaitu gangguan tidur. Selama kita masih aktif membuka dan mengoperasikan HP, kita akan merasa terlena dengan melihat tampilan seperti video, chat, postingan atau membaca sesuatu yang ada di layar tersebut hingga waktu tidur pun akan terlupakan.
Selain itu, sinar biru (bluelight) yang dipancarkan layar HP dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur seseorang, sehingga untuk memulai tidur pun akan susah. Sementara seorang yang memiliki masalah kualitas tidur yang buruk selain dapat menyebabkan badan tdak segar dipagi hari juga berbagai gangguan kesehatan lain, seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung


6. Kanker
Penelitian menunjukan bahwa radiasi HP bisa radiasi HP bisa bersifat karsinogenik sehingga meningkatkan risiko kanker. Salah satunya adalah kanker otak glioblastoma. Meski belum didapatkan bukti klinis yang cukup kuat untuk mendukung teori ini, dan masih perlu penelitian lebih lanjut. Setidaknya penggunaan HP yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan kita.

Nah itulah dampak-dampak negatif dari penggunaan HandPhone (HP) yang berlebihan. HP memang mebawa banyak kemudahan, tetapi jangan sampai kemudahan itu mengancam kesehatanmu akibat salah penggunaan. Gunakanllah Hp secara bijak dan semestinya sehingga kamu dapat menikmati manfaat positif teknologi tanpa mengalami dampak negatifnya.

Jika kamu ternyata telah mengalami salah satu dampak diatas, janganragu untuk konsultasikan ke dokter, terutama bila dampak tersebut sampai mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Gunakan teknologi secara sehat. Millenial boleh, tapi kesehatan tetap no 1 !!!

Sumber : alodokter.com
Peliput : Riko Riandani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *