Sahbirin-Muhidin Resmi Dilantik Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel
Peristiwa News

Sahbirin-Muhidin Resmi Dilantik Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 

peristiwa.info – Resmi sudah jadwal pelantikan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel periode 2021-2024. Pelantikan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Kalsel sebelumnya sempat dijadwalkan 12 Agustus 2021, namun agenda tersebut dimundurkan.

Dikutip dari OkeNews, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024 Sahbirin Noor dan Muhidin dijadwalkan dilantik di Istana Negara pada Rabu, 25 Agustus 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan hasil rapat, acara pelantikan akan diawali dengan prosesi gladi bersih oleh pihak protokol Istana yang dijadwalkan sekitar pukul 11.30 WIB dan pelantikannya dijadwalkan pada pukul 13.30 WIB.

Acara pelantikan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan jumlah undangan terbatas dengan pengamanan yang berlapis-lapis. Sebelum dilantik Sahbirin-Muhidin terlebih dahulu menerima petikan surat keputusan presiden (Keppres). Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi kirab. Kali ini, kirab dilakukan Presiden Jokowi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan pasangan gubernur dengan berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara yang merupakan tempat pelantikan.

Pasangan ini dilantik berdasarkan Keppres Nomor 105/P/2021 tentang Pemberhentian Penjabat Kalsel dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Masa Jabatan 2021-2024.

Sahbirin Noor dan Muhidin secara resmi mengemban tugas sebagai Gubernur dan Wagub Kalsel setelah diambil sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01 H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin (BirinMU) terpilih pada Pemilu Kepada Daerah (Pilkada) Kalsel tahun 2020.

Penetapan pasangan terpilih Pilkada Kalsel setelah Pemungutan Suara Ulang (PSU) hasil Ketetapan Mahkamah Konsitusi (MK) tersebut tertuang dalam rapat pleno yang digelar KPU Kalsel di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

“Secara sah hari ini kita tetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01, H.  Sahbirin Noor dan H. Muhidin terpilih pada Pilkada Kalsel 2020,” ujar Ketua KPU Kalsel Sarmuji usai acara rapat pleno tersebut.

Peliput: Putri Kumala

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *