Kabar Kampus

Intip Kegiatan PK-HTN FH ULM Di Desa Bunipah 

Selasa lalu (13/11) mahasiswa(i) Program Kekhususan Hukum Tata Negara (PK-HTN) angkatan 2015 Fakultas Hukum ULM telah melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Penguatan Kapasitas Aparat Desa dan Pemberdayaan Inisiasi BUMDES. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Bunipah, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar mulai pukul 11.00-12.30 WITA.

Di rumah kecil milik seorang warga, para dosen melakukan sosialisasi dan tanya jawab mengenai tema tersebut. Forum utamanya adalah tentang belum adanya BUMDes di desa Bunipah. BUMDes sendiri adalah usaha desa yang dibentuk pemerintah desa dan bertujuan untuk memperkuat ekonomi desa.

Reka selaku Sekretaris Desa menjelaskan, bahwa pernah ada kegiatan menjahit yang dianggap sebagai BUMDes, namun sekarang sudah terhenti karena minimnya peserta.

“Kami bingung, potensi apa lagi yang mau dikembangkan disini,” ujarnya.

“Saya dengar kemarin sempat ada masalah disini. Jumlah mesin jahit hanya sekitar 20 saja, namun banyak sekali ibu-ibu yang ingin membawa pulang mesin tersebut. Tentu saja itu menimbulkan kecemburuan sosial,” ujar Muhammad Giffarie selaku koordinator kegiatan tersebut.

Kegiatan yang diikuti sekitar 65 mahasiswa PK-HTN dan beberapa dosen HTN ini berjalan lancar.

“Semoga desa Bunipah dapat memanfaatkan kesempatan dan dana yang diberikan dengan menggunakan BUMDes sebagai perahunya,” begitu harapan Ahmad Fikri Hadin S.H., LL.M., salah satu dosen yang ikut serta dalam kegiatan ini.

#peristiwanews

Peliput : Priscilla

Editor : Ales

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *