Kontroversi Drama Joseon Exorcist, Imbas ke Beberapa Drama Lain

Peristiwa.info – Beberapa pekan terakhir, industri drama Korea dihebohkan dengan kontroversi drama Joseon Exorcist yang dianggap telah melakukan distorsi sejarah. Akibatnya, ada beberapa drama yang mengambil latar sejarah pun ikut kena imbasnya.

Drama Korea yang mengangkat sejarah Korea atau biasa disebut dengan drama sageuk memang menjadi salah satu genre drama yang banyak diminati. Namun, pembuatannya pun harus dilakukan secara teliti karena berkaitan dengan sejarah.

Disebut kurang penilitian dan tidak menghargai sejarah, 3 drama ini menjadi kontroversi dan diminta berhenti tayang. Penasaran? Berikut adalah drama yang diminta berhenti tayang:

  • Joseon Exorcist. Drama ini ditulis oleh Park Kye Ok yang berlatar cerita pada masa pemerintaan Raja Taeong dalam Dinasti Joseon 1392-1910 ini menjadi sebuah kontroversi. Drama ini bergenre fantasi supranatural dan mengisahkan pertarungan keluarga kerajaan melawan roh jahat. Drama ini dikritik setelah memperlihatkan adegan Raja Taeong yang berhalusinasi dan membantai orang-orang Joseon yang tidak bersalah. Warga Korea merasa hal tersebut telah menghina Raja Taejong yang dikenal sangat mencintai rakyatnya saat itu. Selain itu, drama ini juga dikritik karena menampilkan menu-menu makanan dan peralatan makan asal China kala itu. SBS langsung menghentikan penayangan drama ini dan para pemain turut meminta maaf atas kesalahpahaman tersebut.
  • Mr.Queen. Drama ini juga ditulis oleh Park Kye Ok. Drama Mr. Queen yang telah selesai ditayangkan juga mendapatkan imbasnya. Sejak awal penayangannya pun sebenarnya drama Mr. Queen sudah mendapat kritik karena dianggap mengejek sejarah Korea. Akibat kontroversi yang kembali berlanjut, pihak CJ ENM akhirnya memutuskan untuk menarik semua konten yang berhubungan dengan Mr. Queen dari internet. Semua layanan VOD yang berkaitan dengan Mr. Queen telah dihapus termasuk cuplikan video yag ada di Youtube, Naver dan platform lainnya. Padahal drama Mr. Queen mendapatkan rating tinggi saat penayangannya yakni 17,4 persen. Mr. Queen masuk dalam 5 besar drama TvN dengan rating tertinggi.
  • Snowdrop. Drama yang diperankan oleh Jisoo BLACKPINK ini juga menjadi ramai diperbincangkan meskipun belum ditayangkan. Netizen Korea mempermasalahkan sinopsis Snowdrop yang telah tersebar di internet. Snowdrop sendiri mengambil cerita dengan berlatar waktu tahun 1987 di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun tersebut di Korea Selatan sendiri sedang terjadi demo besar-besaran melawan rezim saat itu. Kisah drama Snowdrop diawali saat seorang pemuda yang berlumuran darah bernama Lim Soo Ho (Jung Hae In) masuk ke asrama universitas wanita. Ia bertemu seorang mahasiswi jurusan perawat bernama Eun Young Cho (Jisoo) yang kemudian merawatnya. Menurut netizen alur cerita yang diangkat Snowdrop meromantisasi kejadian saat itu dan telah menodai aksi mahasiswa Korea Selatan yang telah memperjuangkan keadilan demokrasi. Ditambah lagi adanya beberapa nama karakter yang diambil dari tokoh nyata yang berkaitan dengan pengunjuk rasa mahasiswa saat itu.

Nah, itulah 3 drama Korea yang beberapa pekan terakhir menjadi kontroversi. Akankah beberapa drama tersebut kemungkinan akan di tayangkan? Kita tunggu saja kabar baiknya.

Dikutip dari : ggwp.id

Peliput: Saadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version