Geger! Kilang Minyak di Indramayu Terbakar

peristiwa.info-Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin, 29 Maret 2021. Kebakaran ini diduga terjadi pada pukul 00.45 WIB dini hari.

Berdasarkan informasi dari laman Pertamina, Kilang VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina. Kegiatan bisnis utama di kilang ini yaitu mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.

Dilansir dari Kompas.com, pihak Pertamina telah mengonfirmasi terjadinya insiden kebakaran pada tangki T-301G. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, tetapi pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Warga di sekitar tempat kejadian menuturkan, bahwa kilang minyak saat itu sempat mengeluarkan suara yang cukup keras sebelum api berkobar begitu hebat. Ledakan kilang minyak itu memang sempat membuat geger masyarakat sekitar.

Sumber foto: Antara Foto/Dedhez Anggara (Twitter)

Saat ini di daerah sekitar tempat kejadian tengah dilakukan pemutusan atau normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Menurut data terkini, ada 5 orang mengalami luka bakar berat dan 15 lainnya mengalami luka ringan akibat kebakaran. Petugas TNI dan Polri sudah mengimbau warga sekitar lokasi kebakaran kilang minyak untuk meninggalkan area tersebut untuk sementara. Petugas juga mengevakuasi warga untuk mencegah dampak kebakaran yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version