5 Bahaya Keseringan Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan!

peristiwa.info – Penggunaan earphone sebagai alat bantu untuk mendengarkan sesuatu dipilih karena bagi penggunanya bisa mendapatkan kenyamanan. Bentuknya yang simpel dan sederhana menjadikan banyak orang memilih produk ini. Namun alih-alih ingin mendapatkan kenyamanan saat melakukan beragam aktivitas, ternyata ada dampak buruk bagi kesehatan dari keseringan menggunakan earphone.

1. Kerusakan Permanen pada Telinga

Paparan suara berulang menyebabkan kerusakan telinga bagian dalam, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah kesehatan terkait pendengaran lainnya.

2. Penyebaran Kuman Masuk ke Telinga

Earphone menjadi salah satu benda yang sering menjadi tempat tinggal kuman dan bakteri. Hal ini disebabkan karena sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang dibersihkan. Apabila memakai earphone terlalu lama, maka bisa dipastikan kuman atau bakteri dari luar akan bebas masuk ke dalam tubuh melalui telinga.

3. Infeksi Telinga

Sering meminjamkan atau meminjam earphone, memberi kemungkinan untuk tertular bakteri penyebab infeksi telinga. Oleh karena itu, sebisa mungkin hanya menggunakan earphone secara pribadi saja. Bila terpaksa untuk meminjam earphone, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

4. Kerusakan Otak

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dapat menyebabkan bahaya serius bagi otak. Hal ini dikarenakan telinga bagian dalam terhubung langsung dengan otak, sehingga infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga dapat memberi pengaruh pada otak. Efek awalnya biasanya muncul sakit kepala. Dampaknya berakibat juga dengan infeksi telinga bagian dalam, secara langsung memengaruhi otak dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

5. Telinga Menjadi Lelah

Kelelahan pada telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga dapat menyebabkan sistem pendengaranmu menjadi tidak nyaman dan terasa sulit dalam menangkap gelombang suara. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak langsung memasukkan earphone atau menyisipkan langsung ke saluran telinga. Meskipun akan memberikan suara atau audio yang baik, tetapi kebiasaan ini akan meningkatkan kemungkinan gangguan pendengaran.

Peliput : Vivi Maulidia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version