Menjelang Tahun Baru Mahasiswa Dihadapkan UAS, Siapkah?

peristiwa.info – Menjelang tahun baru yang bertepatan pada hari Jumat, 1 Januari 2021 mahasiswa ULM akan dihadapkan dengan UAS (Ujian Akhir Semester) sesuai kalender akademik akan dilaksanakan pada tanggal 4-13 Januari 2021.

Belum meredanya pandemi COVID-19 di Banjarmasin mendorong ULM menyelenggarakan UAS secara daring atau online seperti sistem perkuliahan yang sedang diterapkan saat ini. Seluruh proses ujian akan dilaksanakan secara daring atau online melalui laman simari.ulm.ac.id.

Dengan dilaksanakannya UAS secara online mahasiswa dihimbau agar lebih memperhatikan kondisi jaringan maupun kuota internet, hal ini pun tentunya menjadi kendala bagi beberapa mahasiswa yang tinggal di daerah pelosok mengingat UAS yang dilaksanakan secara online tentunya membutuhkan kualitas jaringan yang baik dan stabil.

“UAS di tahun ini beda rasanya, karena kita ikut sistem kuliah online UAS nya juga online untuk persiapannya sama aja cuman karena kita tetap di rumah dan perlu ada sinyal jaringan yang baik jadi kalau tinggal di kota tidak masalah tapi belum tentu bagi teman-teman yg di luar daerah yang mungkin juga ini jadi kendala untuk sebagian teman-teman. Jadi, harapannya semoga aja ini gak jadi halangan untuk teman-teman yang lain,” tutur Nur Khalisa Karima, mahasiswi ULM.

UAS yang dilaksanakan secara daring dianggap beberapa mahasiswa sangat membantu mengingat adanya larangan untuk pergi ke kampus maka sistem daring atau online ini lah yang sekarang digunakan. Ismi Sarah, mahasiswi ULM menyebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan UAS menggunakan sistem daring atau online.

“Kelebihanya adalah ujian daring lebih efektif dilihat dari sisi waktu dan tempat dan lebih tenang serta lebih konsentrasi dalam mengerjakan ujian. Namun, di sisi lain kekurangannya adalah kendala jaringan dan kuota sehingga pengumpulannya terlambat, minimnya pengawasan dalam ujian daring dan waktu ujian yang singkat,” ujarnya.

Peliput: Fikri Wilman & Noor Saadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version