Phantosmia, Kondisi Medis yang Sebabkan Halusinasi Penciuman

peristiwa.info – Pernahkah kalian mengalami suatu hal saat berada di dalam kamar tiba-tiba tercium aroma busuk atau aroma wewangian seperti bunga melati? Banyak orang yang mengatakan bahwa ini adalah bau hantu atau sesuatu yang dikaitkan dengan hal mistis. Namun kejadian ini ternyata bisa dijelaskan dalam dunia medis. Medis menyebutnya dengan istilah Phantosmia.

Dilansir dari Okezone.com, dari populasi suatu negara hanya 10 hingga 20 persen saja orang dengan gangguan ini bisa mencium bau hantu. Dan kasus ini akan sembuh dengan sendirinya jadi kita tidak perlu mengkhawatirkannya karena ini bukan merupakan penyakit serius.

Kita bisa membedakan gejala Phantosmia atau bukan dengan cara melihat benda-benda disekitar kita, karena benda tersebut mungkin mengeluarkan bau aneh namun tersamarkan. Jadi pada dasarnya, munculnya bau-bau aneh ini pasti ada penyebabnya. Hanya saja, kalian mengalami halusinasi penciuman sehingga kalian merasa bau-bau tersebut tidak ada sumber pastinya.

Namun berbeda jika bau hantu itu muncul, gejala nya yang ditimbulkan berbeda, yakni rasa tidak mau makan atau nafsu makan hilang. Karena kondisi tersebut, berat badan seseorang akan mengalami penurunan.

Lantas, mengapa seseorang bisa mencium bau hantu sementara yang lain tidak?

Dunia medis menyalahkan masalah pada hidung atau rongga hidung. Masalah hidung itu termasuk polip hidung, tumor, infeksi sinus kronis, demam atau rinitis, alergi, atau rinitis non alergi. Selain karena adanya masalah di hidung, penyakit bisa mencium bau hantu bisa terjadi karena penyakit di otak, seperti epilepsi, trauma kepala, migrain, skizofernia, depresi, stroke, pemakaian obat tertentu.

Peliput : Nuranisa Zubaidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version