Maraknya Tindak Pelecehan Seksual dan Cara Mencegahnya

peristiwa.info – Kasus pelecehan seksual saat ini semakin marak terjadi di masyarakat. Kali ini masyarakat tengah digemparkan dengan kasus pelecehan seksual fetish kain jarik berkedok riset yang dilakukan pria berinisial G. Tidak hanya itu, kasus serupa terkait pelecehan seksual di Bintaro kembali hangat diberitakan yaitu kasus pemerkosaan yang dialami korban AF yang mengalami ancaman oleh pelaku melalui media sosial.

Hal ini menjadi perhatian kita semua selaku masyarakat untuk lebih waspada terhadap tindak kejahatan yang rawan terjadi kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun. Sehingga, perlu kita ketahui cara mencegah tindakan pelecehan seksual, agar tidak ada lagi orang-orang yang mnejadi korban kejahatan tersebut.

Dilansir dari situs Halodoc, dijelaskan 5 Cara Menghadapi Pelecehan Seksual

  1. Mengonfrontasi Langsung Pelaku
    Kamu perlu menyadari bahwa hal yang paling penting adalah martabat dan dirimu sendiri, bukan perasaan atau opini orang lain. Dengan bersikap tegas, pelaku juga mungkin bisa menyadari kesalahannya dan segan untuk berbuat lebih jauh.
  2. Selalu Waspada
    Penting untuk selalu bersikap waspada saat kamu berada di tempat umum. Misalnya, jangan terlalu asyik bermain smartphone sampai lupa dengan kejadian sekitar. Selain itu, pilihlah tempat khusus wanita ketika menggunakan transportasi umum untuk mencegah tindakan pelecehan seksual.
  3. Mempersenjatai Diri
    Tidak ada salahnya bila kamu belajar bela diri agar kamu bisa melindungi diri sendiri dari tindakan kejahatan sekaligus sebagai olahraga. Namun, bila tidak sempat, bawalah semprotan merica ke mana pun kamu pergi. Alat ini sangat berguna saat kamu dalam bahaya.
  4. Teriak dan Lari
    Ada situasi ketika kamu tidak mungkin mengonfrontasi pelaku pelecehan secara langsung. Misalnya, saat kamu sedang sendirian. Maka langkah yang bisa kamu lakukan adalah segera ambil langkah seribu atau lari. Kalau kamu tidak bisa kabur, tarik perhatian orang-orang di sekitar dengan cara berteriak.
  5. Ceritakan kepada Keluarga dan Sahabat
    Dukungan dari orang-orang terdekat sangat lah dibutuhkan di saat-saat seperti ini. Bila perlu, kamu bisa meminta keluarga atau sahabat untuk menemanimu melaporkan pelaku ke pihak berwenang.

Dengan bersikap lebih waspada dan hati-hati maka kemungkinan tindak kejahatan akan lebih mudah dihindari. Namun, jangan sampai kita lengah terhadap kemungkinan bahaya lain yang mungkin mengancam.

Sumber foto : Google

Peliput : Maulida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version