Cek Kesehatan Sendiri di Rumah, Yuk!

Peristiwa.info – Masa pandemi sekarang ini membuat sebagian orang khawatir jika bepergian keluar rumah. Bahkan untuk sekedar medical check-up ke dokter pun mereka merasa was-was jika peralatan yang digunakan tim medis rentan menularkan penyakit. Namun jangan khawatir, ternyata ada beberapa tes kesehatan singkat yang bisa dilakukan di rumah. Metode ini akan membantumu mengerti apakah sudah saatnya kamu mencari pertolongan medis profesional atau dirimu masih baik-baik saja dan tidak perlu khawatir. Melansir dari laman BrightSide, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengecek kesehatan secara gratis dan efektif.




1. Tes Sistem Pernapasan
Untuk mengetes sistem pernapasan, ada metode yang dinamakan Tes Shtange. Gunakan stopwatch untuk melakukan tes ini. Pertama duduk dan tarik nafas 3x berturut-turut tanpa membuangnya. Kemudian tahan nafas selama yang bisa kita tahan sambil menekan stopwatch. Hasil rata-rata orang yang memiliki sistem pernapasan normal adalah 40-49 detik.


2. Tes Kesehatan Tulang
Kalau kuku mudah patah, bercabang atau timbul bintik-bintik putih, maka waspadalah karena hal itu berarti tubuh kita kekurangan vitamin B dan zat besi, sehingga menimbulkan resiko osteoporosis.


3. Tes Penyakit Jantung dan Paru-Paru
Cobalah buat jari-jari tanganmu membentuk huruf “J” terbalik dan menempelkan kuku jari telunjuk kanan kiri. Kamu akan melihat adanya lubang kecil seperti cincin di antara kuku telunjukmu. Jika kamu melihat lubang kecil tersebut itu tandanya peredarah darahmu sangat lancar dan sehat. Namun apabila kamu tidak melihat adanya lubang kecil kamu perlu waspada. Hal ini bisa menandakan jari-jarimu semakin tebal dan darah di dalamnya kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini bisa timbul akibat beberapa penyakit serius, seperti gangguan paru-paru hingga gangguan sistem pencernaan.


4. Tes Penyakit Stroke dan Demensia
Cobalah untuk mengangkat satu kakimu hingga membentuk sudut 90 derajat. Lalu bertahanlah untuk berdiri dengan satu kaki selama 20 menit atau lebih. Jika kamu bisa bertahan berdiri dengan satu kaki tersebut, ada kemungkinan kamu mengalami risiko penyakit stroke dan demensia. Namun jika kamu tidak bisa bertahan berdiri dengan satu kaki, ada kemungkinan kamu mengalami masalah pembuluh otak.


5. Tes Anemia
Berdirilah di depan cermin dan tarik perlahan kelopak mata bawahmu. Perhatikan warna dalam kelopak mata bawahmu, jika berwarna merah muda itu tandanya kamu sedang dalam kondisi sehat. Namun apabila berwarna merah muda pucat atau kekuningan, ada kemungkinan kamu menderita anemia. Gejala lain yang timbul adalah rasa mudah lelah, nafas terlalu berat, hingga sering pucat.


6. Tes Ketidakseimbangan Hormon
Kamu harus mencobanya saat rambut dalam kondisi kering dan bersih. Jumputlah rambutmu secara perlahan dengan menariknya kebawah. Jika kamu mendapatkan 2 atau 3 helai rambut rontok itu tandanya kamu masih sehat. Namun saat kamu menariknya dan banyak rambut rontok di tanganmu, maka ada kemungkinan hormonmu tidak stabil. Hal ini dikarenakan adanya stress atau adanya masalah kesehatan yang serius.


7. Tes Diabetes
Mintalah seseorang untuk mengambil pensil dan penghapus. Kemudian sentuhkan ujung pensil yang runcing ke jari kakimu. Lakukan juga dengan menyentuhkan penghapus ke jari kaki, dan lakukan secara bergantian dengan pensil. Kamu harus bisa membedakan antara ujung pensil dan penghapus yang menyentuh kakimu. Jika kamu bisa membedakan, berarti kamu sedang dalam kondisi sehat. Tetapi jika kamu tidak bisa membedakan, ada kemungkinan ujung saraf pada kakimu tidak berfungsi dengan baik.

Peliput : Cilla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version