Pentingnya Menjaga Keanekaragaman Hayati, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

peristiwa.online – Hari ini, (05/06) setiap tahunnya dikenal sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day yang diperingati oleh seluruh masyarakat penjuru dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan permasalahan global serta menjalankan tindakan yang berdasar pada lingkungan.

Mengingat semakin banyaknya permasalahan lingkungan global yang semakin tidak terkontrol dan menimbulkan keresahan bersama. Maka dari itu Hari Lingkungan Hidup Sedunia disepakati sejak 5 Juni 1972. Kolombia menjadi akan tuan rumah pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2020 yang dipilih oleh Program Lingkungan PBB (UNEP). Sama seperti tahun tahun sebelumnya, tahun 2020 akan memiliki tema yaitu Time For Nature yang berfokus pada “Keanekaragaman Hayati”. Seperti yang kita ketahui lingkungan yang terjaga ialah lingkungan yang masih terjaga pula keanekaragaman hayatinya. Keanekaragaman hayati memiliki hubungan erat dengan keberlangasungan hidup manusia seperti halnya sumber makanan.

Perubahan iklim yang terus terjadi setiap harinya menjadi ancaman besar bagi seluruh penjuru dunia. Dan saat ini dunia sedang menghadapi krisis keanekaragaman hayati, menurut Platform Intergovernmental Science-Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services (IPBES) atau Kebijakan-Ilmu Pengetahuan Antar pemerintah tentang Layanan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem menemukan bahwasanya satu juta spesies terancam punah. Dengan adanya hal ini menjaga keanekaragaman hayati adalah hal yang sangat penting yang harus menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat dunia.

“Menjaga lingkungan itu menurut saya tidak harus pada saat peringatan hari lingkungan hidup sedunia saja, pentingnya menumbuhkan kesadaran dari dalam diri juga harus, seperti halnya sadar akan lingkungan sekitar kita aja bisa jadi sebuah gerakan kecil yang mungkin nantinya akan berdampak besar bagi perubahan lingkungan global dalam bentuk yang positif.” Ucap salah satu mahasiswa pecinta alam.

“Agak sedikit keluar dari topik permasalahan lingkungan ya, dengan menghemat pemakaian listrik mungkin bisa jadi salah satu bentuk menjaga lingkungan menurut saya. Dan menjaga kelestarian hewan hewan langka pun perlu diperhatikan lagi oleh pihak yang berwenang. Karena setiap kehidupan manusia bergantung dengan keanekaragaman hayati seperti makanan, obat-obatan bahkan pakaianan kita. Jadi menurut saya tema hari lingkungan hidup sedunia tahun ini sangat bagus dalam menumbuhkan kesadaaran diri akan keanekaragaman hayati.” Ucap Noor Almira, salah satu mahasiswa.

Peliput : Monica

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version