Apakah Perempuan Bisa Hamil saat Berenang?

peristiwa.online — Belakangan ini, berenang menjadi pembicaraan setelah Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawatty menyebutkan bahwa perempuan bisa saja hamil, karena berenang dengan lawan jenis.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menegaskan perempuan tidak akan bisa hamil apabila berada di kolam renang yang sama dengan laki-laki.

Hal itu disampaikan untuk menyikapi pernyataan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA), Sitti Hikmawatty.
Dia menyebutkan bahwa kehamilan bisa saja terjadi ketika perempuan dan laki-laki berenang pada sebuah kolam renang yang sama. Menurut Sitti, kehamilan yang berindikasi dari kolam renang merupakan contoh dari hamil tak langsung atau hamil tanpa bersentuhan secara fisik.

“Kalau saya sebagai mahasiswa tidak percaya hal begitu karena kalau sudah masuk ke air terus itukan ada kandungan kaporit di kolam renangnya, pasti spermanya sudah tidak bisa bertahan lagi. Menurut pemikiran saya begitu karena itu merupakan sesuatu nalar yang tidak berdasar,”ujar Noorandini selaku Mahasiswa Fakultas Hukum.

Namun, Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Siti Hikmawatty yang memberi pernyataan memicu kontroversi di masyarakat akhirnya meminta maaf.

“Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statemen yang tidak tepat,” kata Sitti Hikmawatty Minggu (23/2/2020). Hikma menegaskan bahwa pernyataan tersebut mewakili pribadinya, bukan KPAI secara kelembagaan.

Pernyataannya tentang perempuan memiliki kemungkinan hamil apabila berenang bersama pria pun langsung mengundang berbagai komentar dari berbagai pihak, salah satunya seksolog dr. Oka Negara.

Menurut sang dokter, apa yang disampaikan oleh Hikma adalah pernyataan yang keliru. Ia juga menjelaskan, satu-satunya cara agar perempuan dapat hamil adalah apabila sang perempuan dan pasangan laki-lakinya berhubungan intim di kolam.

Peliput: Hanaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version