NSA Project Movement Mempersembahkan Musik Baru Untuk Gamalan Banjar

peristiwa.online – Nsa project movement dengan komposer nya Novyandi Saputra akan menggelar pertunjukan komposisi gamalan Banjar pada Rabu 30 Oktober 2019, pukul 20.30 WITA di Gedung kesenian Balairung Sari, Taman budaya Banjarmasin. Pertunjukan ini diformat selama kurang lebih 40 menit dan dilanjutkan dengan bedah karya oleh praktisi gamalan Lupi Andreani dan Akedemisi Musik ULM M. Budi Zaskia Sani.

Pertunjukan ini berjudul “KALA” merupakan hibah program pertunjukan seni budaya UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan serta Dinas pendidikan dan kebudayaan propinsi Kalimantan selatan. Karya ini juga mendapat SUPPORT dari prodi pendidikan sendratasik FKIP ULM, Yayasan Palatar, dan Dominan Banjarmasin.

Ini merupakan sebuah gagasan dari NSA Project movement yaitu “Musik Baru Untuk Gamalan Banjar”dengan konsep garapan baru tanpa menghilangkan tata tabuh tradisi gamalan Banjar.

Komposisi ini kemudian bertujuan untuk melahirkan sebuah cara pandang baru sehingga melahirkan sebuah pengetahuan dan pencerahan terhadap gaya garap yang kemudian digambarkan sebagai sebuah keterbukaan bagi gamalan Banjar yang hidup dalam pakem klasik, serta memberi pencerahan bahwa gamalan Banjar punya keterbukaan perubahan sosial dan budaya setempat.

 

Peliput : Salma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version