Sulitnya Akses pada Toilet Khusus Disabilitas

peristiwa.online – Pada area kampus Fakultas Hukum ULM kini sudah tersedia toilet khusus disabilitas yang berada di bangunan toilet baru tak jauh dari ruang 4. Terdapat dua toilet untuk laki-laki dan perempuan ditambah satu toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

Akses menuju toilet dibuat menurun dengan jalur khusus yang bisa dilalui kaum difabel. Sayangnya jalan menuju toilet sulit untuk dilalui karena adanya parit kecil di depan jalur. Keadaan ini diperparah dengan kondisi tanah yang tidak rata dan tidak terhubungnya dengan koridor terdekat sehingga akan menyulitkan penyandang disabilitas untuk mengakses toilet tersebut.

“Adanya toilet disabilitas ini sebenarnya sangat bagus tapi sayang akses menuju toiletnya tidak mendukung bagi penyandang disabilitas. Saran saya segera dibangun koridor penghubungnya supaya memudahkan penggunanya,” kata Agniya Allafa selaku mahasiswi FH ULM.

“Toilet itu akan sangat membantu penyandang disabilitas, namun sayang aksesnya sulit dan tidak memungkinkan untuk dilewati. Semoga saja segera diperbaiki agar toiletnya bisa berfungsi secara maksimal,” ujar Karinawati, mahasiswa FH ULM.

Ke depannya diharapkan agar pihak yang berwenang segera membangun koridor untuk menghubungkan toilet disabilitas tersebut agar lebih mudah digunakan.

 

Peliput: Dinda A. dan Devon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version