Home Mitos Kenapa Labu Kuning Identik dengan Perayaan Halloween?

Kenapa Labu Kuning Identik dengan Perayaan Halloween?

Di beberapa negara, Halloween menjadi salah satu acara yang selalu ditunggu-tunggu. Tak hanya dimeriahkan dengan pesta kostum serba seram, festival yang diadakan setiap 31 Oktober ini juga identik dengan buah labu.
Tapi bukan diolah menjadi aneka sajian lezat, buah berwarna oranye dengan tekstur keras ini kerap menjadi dekorasi utama saat malam Halloween. Diukir membentuk wajah-wajah menyeramkan, labu tersebut diisi lilin sehingga menimbulkan bayangan wajah yang menyeramkan.

Bukan tanpa alasan, memasang dekorasi labu yang juga dikenal dengan sebutan Jack-o-lantern ini dipercaya bisa mengusir arwah jahat yang hendak memasuki rumah. Dilansir Time, Jack-o-lantern berasal dari dongeng di Irlandia mengenai seorang petani kikir bernama Jack, yang telah ada sejak 1500-an lalu.

Suatu hari, Jack berhasil menjebak iblis untuk memperkaya diri sendiri. Si petani yang kemudian dikenal sebagai ‘Stingy’ Jack tersebut berjanji akan melepaskan iblis dengan syarat tak akan dijebloskan ke neraka saat meninggal.
Saat kematiannya, Tuhan tak mengizinkan Jack masuk ke surga karena dosanya yang terlalu banyak. Namun si petani juga tak bisa masuk ke neraka karena iblis tak mau mengingkari janji yang telah dibuatnya semasa Jack hidup.

Akhirnya, Jack dibuang kembali ke bumi dan hanya dibekali obor api dan sebuah lobak. Sejak saat itu, Jack-o-lantern menjadi legenda dan kerap diidentikan dengan roh jahat yang sering bergentayangan di malam Halloween.
Dan lama-kelamaan, banyak orang yang membuat duplikat wajah Jack dari buah lobak yang lebih mudah dijumpai di Irlandia untuk mengusir arwah yang hendak masuk ke rumah warga. Ukiran labu yang membentuk wajah-wajah menyeramkan dipercaya akan membuat arwah dan roh-roh penasaran enggan masuk ke rumah warga.
Ilustrasi sup labu kuningIlustrasi sup labu kuning (Foto:dok.pixabay.com)

Tapi seiring perkembangan teknologi, kini lampu hias dari labu khas Halloween tersebut lebih sering digunakan untuk memeriahkan dekorasi atau properti kostum Halloween. Ada juga festival panen labu raksasa hingga kompetisi mengukir labu yang rutin diadakan menjelang datangnya Halloween.
Selain itu, kini Halloween juga lekat dengan aneka sajian dari labu kuning yang menggugah selera. Ditambah waktunya yang bertepatan dengan datangnya musim dingin, labu yang lembut sering diolah menjadi sup hangat, bolu nan empuk, hingga jus manis nan kental untuk kudapan saat pesta Halloween.

Leave a Reply