Say No to Drugs

peristiwa.online – Akhir-akhir ini ada beberapa artis yang tersandung kasus narkoba, mulai dari komedian hingga aktor. Memang dunia industri hiburan sangat menuntut artisnya agar terlihat fit saat tampil di depan publik. Itulah yang membuat artis-artis ini terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, karena efek dari penggunaan narkoba itu diantaranya adalah pereda rasa nyeri, membuat pikiran menjadi tenang, mudah untuk tidur, dan sebagainya.

Penggunaan narkoba sebagai pereda rasa nyeri dan penenang pikiran hanya memiliki efek sementara. Sedangkan efek selanjutnya adalah kecanduan bagi si pengguna yang menyebabkan kerusakan saraf dan dampak buruk lain yang ditimbulkan jika menggunakan narkoba.

Perlu diketahui bagi kita semua, narkoba memiliki beberapa jenis, yang mana memiliki efeknya masing-masing, seperti:

1. Ganja/Marijuana

Ganja atau biasa disebut marijuana adalah jenis narkotika yang umum digunakan di seluruh dunia. Dengan bentuk bunga, batang, biji dan daun kering dari tanaman ganja. Efek yang ditimbulkan dari pemakaian ganja adalah kalau dalam jangka pendek akan menyebabkan gangguan pada daya ingat, gerakan tubuh terganggu, dan perubahan suasana hati. Kalua jangka Panjangnya adalah menyebabkan gangguan pernapasan, peningkatan denyut jantung, dan halusinasi.

2. Shabu

Shabu atau Methamphetamine adalah stimulan yang berwarna putih, tidak berbau, pahit dan telihat seperti kristal. Efek penggunaan shabu adalah kecanduan, menurunnya konsentrasi, perilaku agresif, hingga perubahan struktur dan fungsi otak.

3. Ekstasi

Ekstasi adalah bahan kimia sintetis dengan efek kompleks yang meniru stimultan shabu dan senyawa halusinogen. Efek yang ditimbulkan jika menggunakan ekstasi adalah tremor, kecanduan, insomnia, hingga depresi.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus memerangi yang namanya narkoba. Hal yang bisa dilakukan sebagai langkah awal untuk menjauhi narkoba antara lain :

1. Selalu melakukan hal-hal yang positif

2. Menanamkan nilai-nilai agama dalam kehiduoan sehari-hari

3. Berpikir jangka panjang

4. Jangan ada rasa ingin mencoba-coba menggunakan narkoba

Jauhi narkoba untuk hidup yang lebih cemerlang.

Peliput : Khevin Richo

Editor : Ales

Sumber foto : google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version