17 Juli Hari Bersejarah bagi provinsi Timor Timur

Peristiwa.online – Timor Leste yang dulu disebut Timor Timur pada tanggal 17 juli 1976 telah berintegrasi dengan Indonesia sampai tanggal 19 Oktober 1999. Timor Timur menjadi provinsi ke-27 di Indonesia. Dan pada tanggal 20 Mei 2002 membentuk negara Timor Leste.

Berdasarkan dari Wikipedia, Timor Timur pada awalnya merupakan wilayah koloni dari Portugis, kemudian digabung oleh militer Indonesia hingga menjadi salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Berawal dari sebuah partai yang ingin berintegrasi dengan Indonesia hingga akhirnya bisa menjadi provinsi ke-27.

Pada awalnya banyak rakyat dari Timor Timur yang setuju berintegrasi dengan Indonesia dengan harapan berakhirnya kekerasan berdarah dan perang saudara, tetapi semakin lama pendukung gerakan anti integrasi bertambah. Alasan pendukung gerakan anti integrasi bertambah karena banyak pendendam terhadap kebiadaban pihak militer Indonesia yang dinilai sangat kejam.

Pada tahun 1991 terjadi Insiden Santa Cruz di Dili yang memakan banyak korban. Adanya insiden tersebut memicu banyak reaksi dari pihak luar terutama PBB.
Hingga akhirnya, pada saat referendum antara Indonesia dan Portugal yang disponsori oleh PBB pada tahun 1999 berhasil membuat Timor Timur merdeka dari Indonesia dan diakui secara internasional sebagai negara dan resmi memakai nama Timor Leste.

Timor Leste berhasil merdeka melalui pemungutan suara. Pada tahun 2002 dan terbentuk negara Timor Leste yang awalnya disebut Provinsi Timor Timur.

Peliput : Ferdy

Editor : Ira

#peristiwanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version