Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Lambung Mangkurat

peristiwa.info – Pada Selasa, 24 April 2024 yang lalu satgas PPKS ULM mengadakan sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Lambung Mangkurat di Ruang B.1.1. Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Sosialisasi diadakan pagi hari yang dimulai dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya dan masuk ke penyampaian materi oleh Ibu Siti Mauliana Hairini, S.IP., M.A selaku ketua Merdeka Bekisah ULM dan dipandu oleh Noor Hafizah selaku MC acara tersebut.

Pada sosialisasi itu, pembicara menjelaskan apa itu satgas PPKS dan tugas-tugas nya, lalu menjelaskan kanal pengaduan, serta menjelaskan 21 bentuk kekerasan seksual. Sebelum pembicara menjelaskan beberapa hal tadi, mahasiswa yang berhadir terlebih dahulu melakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan seputar kekerasan seksual. Selanjutnya, setelah pre-test dan penjelasan materi dari pembicara, diadakan quiz mengenai materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Mahasiswa yang berhadir juga berfoto bersama setelah selesai quiz.

Robi, sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti rangkaian acara dari awal sampai akhir berpendapat bahwa dia setuju dengan adanya sosialisasi ini. “Saya sangat setuju dengan adanya Sosialisasi tersebut, karena ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kita tentang kekerasan seksual, serta untuk membangun lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan seksual dan supporif bagi semua orang. Melalui sosialisasi tersebut, Satgas PPKS pun selalu siap untuk berkolaborasi setiap UKM di Universitas Lambung Mangkurat untuk menerima menjadi pemateri terkait PPKS”. ujarnya.

“Pengetahuan yang saya dapatkan dari sosialisasi tersebut seperti definisi terkait PPKS itu sendiri dan bentuk-bentuk kekerasan, dampak kekerasan seksual, pencegahan dan penanganannya, jenis-jenis kekerasan seksual, Faktor-faktor risiko terjadinya kekerasan seksual serta Informasi tentang layanan dan pengaduan terkait kekerasan seksual” tambahnya.

Oleh karena itu, mari kita bersama #hapuskekerasanseksual dan apabila terjadi segera laporkan ke petugas satgas PPKS ULM #sambathaja.

Peliput: Dinda Nur Humaira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version