Mengenal Program MSIB: Jembatan dan Bekal untuk Meraih Karier Gemilang Mahasiswa

peristiwa.info – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sebagai bagian dari Kampus Merdeka. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi.

MSIB menawarkan dua jenis program yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. Pada program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi. Hal itu akan membuat mahasiswa bisa merasakan bagaimana atmosfer di lingkungan kerja secara langsung. Sedangkan program Studi Independen, mahasiswa belajar kompetensi yang spesifik yang dibutuhkan di masa depan. Program magangnya sendiri dilaksanakan selama 5 bulan, bulan pertama pembekalan secara online dengan mobilisasi dan untuk magang offlinenya selama empat bulan.

Bagi yang berminat mengikuti MSIB, tentu terdapat syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan, sebagaimana yang tertera di situs resmi Kampus Merdeka. Mahasiswa yang ingin mengikuti program tersebut harus berstatus sebagai mahasiswa aktif serta memiliki IPK minimal 2,75 untuk Program Magang dan 3,00 untuk Program Studi Independen. Untuk mahasiswa dengan program S1 mereka harus menyelesaikan minimal 4 semester, serta memiliki surat rekomendasi dari dosen pembimbing akademik.

Menurut Ismudatin Naida, salah satu mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Angkatan 2021 yang juga seorang peserta dari program MSIB. “Fakultas Hukum sendiri tidak ada membatasi sehingga full dikonversi 20 SKS seperti ketentuan MSIB dengan mengumpulkan laporan akhir magang,” ucapnya. Jadi bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar tidak perlu khawatir tentang SKS yang akan dikonvesi.

Program MSIB terbuka bagi seluruh mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia, dibuka pada akhir semester perkuliahan sekitar bulan Mei-Juni dan November-Desember. Program MSIB merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk meningkatkan keahlian dan mempersiapkan diri menuju dunia kerja dan banyak manfaat dari Program tersebut. Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja dan pembelajaran di luar kampus, program MSIB adalah pilihan yang tepat.

Peliput: Putri Nazwa Salsabilla dan Randy Khairuddin Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version