Hukum dan Politik

Aksi 1 Mei Memperingati Hari Buruh, Babat Habis Menyuarakan Kritik 

peristiwa.info – Memperingati Hari Buruh Sedunia pada tanggal 1 Mei 2023 kemarin BEM UM gelar aksi To Day is Mayday. Aksi ini telah bertempat di Fly Over Km 4 Banjarmasin yang berlangsung dari jam 14.30 WITA hingga selesai. Aksi ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa saja, namun masyarakat juga turut berhadir pada aksi kali ini. Disini semua orang menyuarakan hak-hak kesejahteraan klaster buruh yang dikebiri melalui pengesahan UU Cipta kerja, menciptakan kesusahan. Dalam aksi ini juga menyuarakan izin tambang harus lebih transparansi kepada masyarakat. Karena banyaknya kerugian yang diterima masyarakat, seperti kasus KM 171 di Satui, Tanah Bumbu dan masih banyak lagi permasalahan lainnya

Rizal Ramadhan selaku anggota BEM ULM mengatakan, bahwa “Aksi ini diikuti dari berbagai kampus dari BEM Kalimantan Selatan dan beberapa elemen masyarakat yang turut hadir dalam menginisiasi bahkan membersamai perjuangan dalam menyuarakan hak hak buruh dalam aksi simbolik peringatan hari buruh ini. Aksi ini juga kami sangat bersyukur karena dapat berjalan dengan lancar dan saat pelaksanaan aksi pun kami menyuarakan beberapa keresahan mengenai hak hak buruh dalam menunjang dan memperjuangkan kesejahteraaan buruh yang sampai hari ini masih tidak terlalu di perhatikan oleh pemerintah. Beberapa tuntutan yang kemudian kami suarakan dan tetap kami gaungkan mengingat kami harus tetap mengawal UU Ciptaker yang sudah disahkan dan juga masih banyak tugas yang belum terselesaikan oleh pemerintah Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Dari adanya Aksi ini para elemen masyarakat dan seluruh elemen mahasiswa dapat menyuarakan pendapatnya. Dan menimbulkan jiwa-jiwa cinta Indonesia dengan memperingati Hari Buruh. Menyampaikan suara ini sesuai dengan HAM yang berlaku di Indonesia.

Peliput : Astin Silva Ivana Pawarrangan
Editor : Aulya Fitri

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *