Murid SMA Kota Tebing Tinggi Berhasil Raih Juara 1 Internasional dengan Menciptakan ‘Bubuk Teh’

Peristiwa.info – Dilansir dari AntaraNews bahwa pada Senin (20/02) kemarin, Siswa & Siswi SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi, keluar sebagai Juara 1 dalam perlombaan AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) atau Sains Lingkungan.

Mereka menciptakan Trucostea atau bubuk teh yang mendapat nilai yang cukup tinggi sehingga mampu mengalahkan penelitian peserta lainnya. Atas prestasi yang diraihnya tersebut ,maka mereka berhasil meraih medali emas.

Perlombaan tersebut digelar di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang pada 10 – 14 Februari 2023 dan diikuti 368 peserta dari 15 negara tingkat Asean yang juga diikuti oleh Amerika Serikat.

Ke empat murid kelas 12 SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi yang menjadi tim dalam perlombaan tersebut yakni, Naifa Aqila Irvan Dalimunthe, Zahara Nathasya Ayu, Gita Triyani Siagian dan Muhammad Raihan. Ketua DPRD Basyaruddin Nasution mengapresiasi keberhasilan generasi muda Kota Tebing Tinggi tersebut. “Ini luar biasa, siswa SMA kita mampu mengukir prestasi di tingkat internasional,” puji Basyaruddin.

Keempat siswa tersebut melalui Naifa Aqila Irvan Dalimunthe menjelaskan bahwa dalam AISEEF itu, mereka mengusung penelitian, “Trucostea” berupa bubuk teh dari ‘bulu jagung’ kulit jeruk dan teh hijau. Apa yang mereka bawakan itu, memiliki dosis tepat, higienis, harga terjangkau, menurunkan kadar kolesterol, meluruhkan batu empedu dan sudah dipasarkan secara online, hingga penggemarnya sudah banyak.

Orang tua salah seorang siswa, dr Irvan Dalimunthe menyampaikan kepada guru pembina yang telah membuka jendela bagi para siswa ke dunia pendidikan yang lebih maju.

Peliput: Diva Lazuardi Imani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version