5 Cara Atasi Kerontokan Rambut Bagi Pengguna Hijab, Yuk Simak
Lifestyle

5 Cara Atasi Kerontokan Rambut Bagi Pengguna Hijab, Yuk Simak 

peristiwa.info – Bagi sebagian wanita berhijab kerontokan pada rambut saat berhijab adalah hal biasa, namun rambut rontok yang terjadi terus menerus dapat menjadi permasalahan utama sehingga tidak dapat disepelekan begitu saja. 

“Kerontokan rambut hijab atau hijab alopecia. Dalam hal ini, pelakunya adalah gesekan yang intens dari jilbab. Gaya rambut di bawahnya dikombinasikan dengan cara kain ditempatkan dan bergesekan dengan kulit kepala setiap hari dalam jangka waktu yang sangat lama, dapat membuat rambut trauma, merusak folikel dan menyebabkannya rontok,” ujar Craig Ziering, M.D., Dermatolog Ziering Medical, dikutip Sunday Riley.

Berikut 5 tips mengatasi rambut rontok bagi pengguna hijab agar tidak perlu khawatir lagi sehingga tetap dapat tampil cantik sebagai wanita muslimah, yaitu :

1. Perhatikan Kebersihan Hijab dengan Rajin Mencucinya

Kerontokan rambut ternyata dapat disebabkan oleh pengguna hijab yang kotor. Apalagi perempuan berhijab melakukan aktivitas berat hingga mengeluarkan keringat seharian. Hijab yang kotor ditambah dengan minyak berlebihan akan membuat akar dan batang rambut lebih mudah patah. Untuk itu, perhatikan kebersihan hijab sebelum memakainya. Pastikan selalu hijab yang kamu gunakan setiap harinya berada dalam kondisi benar-benar bersih dan telah dicuci. 

2. Mengaplikasikan dengan Minyak Zaitun

Merawat rambut rontok dengan bahan alami yaitu minyak zaitun dapat mengurangi rambut rontok secara bertahap. Jika kamu ingin mencoba mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya ditelapak tangn lalu oleskan dari akar rambut hingga ke ujung rambut. Sembari mengoleskan minyak zaitun pada rambut, beri pijatan ringan di kulit kepala agar minyaknya dapat diserap oleh rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas rambut dengan sampo. 

3. Pilihlah Hijab Dari Bahan yang Bersahabat dengan Kulit Kepala

Pemilihan kain hijab yang akan dipakai ternyata sangat berpengaruh terhadap kekuatan rambut. sebagai contoh, jika kain hijab memiliki tekstur dari bahan yang kasar, maka kulit kepalamu akan terus bergerak dengan kain. Akibatnya, gesekan tersebut bisa memicu kerontokan hingga ketombe. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memilih hijab yang nyaman untuk kulit kepala, pilihlah kain hijab yang terbuat dari tekstur yang lembut, halus, dan mudah diserap oleh keringat dengan baik. Sehingga terhindar dari kerontokan pada rambut.

4. Kurangi Kebiasaan Mengikat atau Mencepol Rambut

Apakah kamu termasuk salah satu wanita yang kerap kali mengikat atau mencepol rambut terlebih dahulu sebelum berhijab? Jika ya, kebiasaan ini sebenarnya menyebabkan kerontokan rambut yang tak kunjung henti. Coba mengurangi kebiasaan mengikat atau mencepol rambut sebelum berhijab agar rambutmu tidak mendapatkan tekanan. Biarkan saja rambutmu tergerai alami ketika memakai hijab. Namun, jika belum siap untuk menggerai rambut, potong saja rambutmu menjadi pendek agar akar rambut tidak mendapatkan tekanan yang berarti.

5. Mencuci Rambut Secara Teratur

“Studi menunjukkan bahwa panas saat mengenakan hijab atau bekerja di lingkungan yang panas dapat menyebabkan produksi sebum berlebih. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan folikel rambut dan dapat menyebabkan penis rambut, kemudian menyebabkan rambut rontok,” jelas Dr Ainana Aszeme, ahli kecantikan dari Hana. Aesthetics Clinic, dikutip Vogue.

Untuk itu, sebum yang berlebihan ini pun harus dihindari. salah satunya adalah dengan mencuci rambut secara teratur. bagi para pengguna hijab mencuci rambut secara teratur dapat menghindari rambut dan kulit kepala yang berminyak. Dan selalu gunakan shampoo yang diformulasikan asam salisilat. 

Itulah beberapa tips bagi kalian pengguna hijab untuk mengatasi rambut rontok, semoga bermanfaat.

Peliput : Dinda Nabila T

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *