Siapapun Bisa Jadi Animasi, Bagaimana Caranya yuk Simak!!!

peristiwa.info – Kemunculan fitur aplikasi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) meramaikan sejumlah media sosial dengan adanya tren mengubah foto menjadi avatar. Hanya menggunakan aplikasi Lensa AI dan dengan proses yang cepat dan mudah pengguna sudah dapat mengubah fotonya layaknya seperti tokoh kartun dalam film animasi.

Lensa AI merupakan aplikasi edit foto keluaran Prisma Labs yang diluncurkan pada 2018. Prisma Labs, inc adalah salah satu sebuah perusahakan teknologi yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Prisma Labs mengeluarkan fitur baru bernama “Magic Avatars” yang dapat mengubah foto menjadi avatar. Aplikasi ini dapat mengubah foto dengan wajah biasa dapat terlihat sempurna, seperti memperhalus tampilan foto, mengubah latar belakang foto, dan menambahkan efek lainnya agar avatar terlihat lebih menarik. Selain itu, AI juga dapat mengubahnya menjadi bergaya mulai dari manga, pop hingga ala-ala dongeng.

Jika anda tertarik untuk “join trend”, anda dapat mendownloadnya secara gratis melalui Playstore dan Appstore. Setelah download pengguna baru akan diberikan kesempatan tujuh hari trial sebelum ditawari berlangganan senilai US$14,99 hingga US$49,99 (sekitar Rp782 ribu) per tahun untuk akses tak terbatas.

Bagi anda yang mau tau cara penggunaan Lensa AI, Yuk simak langkah-langkah berikut.

  1. Unduh dan Instal Aplikasi Lensa AI melalui Playstore di Android atau App Store di IOS.
  2. Lalu ikuti panduan awal seperti aplikasi biasa dan klik “Get Started”
  3. Klik “Add photos” untuk membuka dan menambahkan foto dari galeri anda
  4. Setelah dipilih, halaman akan di alihkan ke laman edit
  5. Pada halaman tersebut pengguna bisa melihat berbagai opsi, seperti Face, Backdrop, Adjust, Effects, Art Styles, Filters, dan Canvas yang masing-masing menghasilkan gambar tertentu
  6. Pihak aplikasi akan memperingatkan ketidakakuratan hasil yang ditampilkan dan ada penampilan dari bagian kepala dan bagian tubuh lainnya termasuk warna mata. Setujui persyaratan tersebut.
  7. Klik menu Continue dan Anda bisa mengunggah swafoto dari 10 hingga 20 foto. Aplikasi ini akan merekomendasikan foto yang telah diubah dengan berbagai ekspresi wajah dan latar belakang foto.
  8. Anda juga akan diminta untuk memilih gender
  9. Tunggu prosesnya hingga 20 menit, maka avatar telah siap dan bisa disimpan
    Aplikasi ini tidak akan menyimpan foto setelah Anda unggah. Oleh karenanya, Anda sebaiknya dapat segera menyimpan dalam galeri foto.

Terlepas dari kecanggihan fitur AI tersebut. Terdapat kerisauan pengguna terkait keamanan dan privasi dari aplikasi ini. Selain itu juga, terdapat isu AI mencuri gaya kesenian para seniman.
Untuk menghadapi isu tersebut, Prisma Labs dalam akun twitter resminya menjawab “AI belajar untuk mengenali hubungan antara foto dan deskripsinya, bukan gaya lukisannya. Dengan cara itu, AI mengembangkan cara operasional yang bisa diaplikasikan ke dalam generasi konten. Oleh karena itu, hasil karya ini tidak bisa disebut sebagai replika dari sebuah karya seni tertentu.

Prisma Labs juga buka suara soal keamanan data dan privasi pengguna. Mereka mengklaim “segera setelah avatar dikeluarkan, foto pengguna dan segala yang terkait langsung dihapus secara permanen dari server kami. Prosesnya akan berulang sampai permintaan berikutnya”.

Peliput : Riko Riandani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version