Kenali Lebih Lanjut Tentang HIV dan Penanganannya
Lifestyle

Kenali Lebih Lanjut Tentang HIV dan Penanganannya 

peristiwa.info – Beberapa waktu lalu dilaporkan ada 407 mahasiswa di Kota Bandung yang dilaporkan terkena HIV. Bahkan ada pula 237 kasus terkonfirmasi di Banjarmasin yang 199 di antaranya berhasil diobati. Sebenarnya apa sih HIV itu?

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan semakin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Penularan HIV terjadi saat cairan tubuh penderita seperti darah, sperma, atau cairan vagina, masuk ke dalam tubuh orang lain. Hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara, seperti berhubungan seks tanpa pengaman, penggunaan jarum suntik secara bergantian, transfusi darah.

Perlu diketahui, HIV tidak menyebar melalui kontak kulit seperti berjabat tangan atau berpelukan dengan penderita. Penularan juga tidak terjadi melalui ludah, ciuman, gigitan, atau berbagai alat makan, kecuali bila penderita mengalami sariawan, gusi berdarah, atau memiliki luka terbuka di mulut.

Sampai saat ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah penyakit HIV. HIV/AIDS dapat ditangani dengan antiretroviral yang dapat memperlambat laju perkembangan virus di dalam tubuh dan mencegah infeksi berulang pada penderita.

Peliput: Muhammad Gilang Ramadhan

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *