Begadang Sudah Jadi Kebiasaan? Ini Dia Dampak Buruk Nya!

peristiwa.info – Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda, tergantung usia dan aktivitas sehari-hari. Waktu tidur yang cukup pada orang dewasa umumnya adalah sekitar 7–9 jam per hari, sedangkan anak-anak perlu tidur selama 10–13 jam setiap hari. Menurut Sleep Foundation, selama ini banyak orang begadang hanya untuk merampungkan serial, main games, atau berpesta dengan temannya. Padahal, tidur berkualitas di malam hari dengan jadwal rutin penting untuk menunjang kinerja organ, metabolisme, sampai menjaga daya tahan tubuh.

Berikut beberapa efek buruk bergadang bagi kesehatan yang tak boleh disepelekan:
1. Sulit Konsentrasi

Bahaya begadang bagi tubuh yang pertama adalah sulit berkonsentrasi. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat bermanfaat bagi proses berpikir dan belajar. Kurangnya waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan, konsentrasi, nalar serta kemampuan memecahkan masalah. Bukan itu saja, kurang tidur juga dapat menurunkan daya ingat seseorang.

2. Rentan Mengalami Kecelakaan

Rentan mengalami kecelakaan menjadi bahaya begadang bagi tubuh selanjutnya. Kurang tidur akan membuat kamu merasa kantuk pada siang hari. Jika kamu pergi bekerja menggunakan kendaraan pribadi, kecelakaan bisa saja terjadi. Bukan hanya kecelakaan saat pergi bekerja saja, kurang tidur juga dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja.

3. Munculnya Penyakit Serius

Begadang menjadi penyebab sejumlah masalah berbahaya bagi tubuh. Beberapa penyakit yang membahayakan tubuh akibat begadang, antara lain:

Stroke;
Diabetes;
Penyakit jantung;
Serangan jantung;
Gagal jantung;
Peningkatan detak jantung;
Tekanan darah tinggi;

4. Mengurangi Daya Tahan Tubuh

Bahaya sering begadang yang berikutnya adalah mengurangi daya tahan tubuh. Seperti kita tahu, di masa pandemi Covid-19 ini banyak sekali kita mendengar anjuran untuk menjaga bahkan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Sementara begadang, bisa mengganggu imunitas tubuh kita, melansir dari Mayo Clinic. Daya tahan tubuh yang berkurang, tentu menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan yang lain.

5. Meningkatkan Risiko Depresi

Empat bahaya begadang sebelumnya berkaitan dengan kesehatan fisik. Bahaya sering begadang ternyata juga memengaruhi mental, karena bisa meningkatkan risiko depresi. Melansir dari WebMD, sebuah penelitian mengungkapkan kaitan antara begadang dengan depresi.

6. Penurunan fungsi otak

Efek begadang dapat mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi. Kemampuan memerhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan. Sulit fokus juga kerap dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara atau bekerja.

7. Penurunan gairah seksual (libido)

Libido yang menurun adalah salah satu efek begadang. Ketika kurang tidur, tubuh bisa menjadi kelelahan, mengantuk, kekurangan energi, dan lebih mudah stres. Efek begadang ini pada akhirnya bisa membuat Anda menjadi kurang bergairah untuk berhubungan seksual.

Peliput : Labib Adiluhung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version