Berbahaya Bagi Kesehatan, Yuk Intip 5 Cara Hilangkan Lemak Visceral

peristiwa.info – Lemak perut atau juga biasa dikenal sebagai lemak visceral adalah penyebab perut buncit yang berbahaya bagi kesehatan. Perut rata dan kencang tentu menjadi keinginan kebanyakan orang, terutama wanita. Maka dari itu untuk memperbaiki penampilan dan tetap menjaga kesehatan, kita perlu menghilangan lemak visceral.

Penumpukan lemak yang berada di sekitaran usus, pankreas, dan hati memang perlu disingkirkan karena berisiko mendatangkan masalah kesehatan. Berbagai penyakit disebabkan oleh hal tersebut, mulai dari penyakit jantung, demensia, tekanan darah tinggi, gangguan pada hati, hingga diabetes tipe 2. Meskipun berbahaya, sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan bahaya akan hal tersebut.

Menghilangkan lemak visceral yang tersembunyi di dalam perut dapat dilakukan dengan memulai kebiasaan hidup sehat. Berikut cara efektif yang dapat dilakukan :

  1. Olahraga

Seperti yang kita tahu olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Salah satunya ialah dapat menghilangkan lemak visceral. Caranya adalah dengan berolahraga selama 30 menit hingga satu jam dalam sehari untuk membakar lemak di perut. Kaitan antara olahraga dengan lemak visceral bukanlah klaim sembarangan di dunia kesehatan.

  1. Makan protein dan serat untuk sarapan

Studi menunjukkan bahwa makan lebih banyak protein menyebabkan berkurangnya lemak perut. Pastikan untuk memasukkan daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan dalam sarapan. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat juga memiliki efek positif pada pembakaran lemak perut. Brokoli, alpukat, dan makanan kaya serat lainnya baik dikonsumsi di pagi hari.

  1. Memilih minum air putih daripada jus

Minum jus untuk sarapan adalah sesuatu yang sangat umum, namun sebenarnya itu bukan kebiasaan yang sehat. Jus sarat dengan fruktosa cair, dan konsumsi harian ini dapat menyebabkan penambahan lemak perut.

  1. Prioritaskan tidur

Untuk mengurangi lemak perut, sebenarnya kita memerlukan tidur cukup selama tujuh jam setiap harinya. Pasalnya, waktu tidur yang lebih pendek kerap dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori dan peningkatan yang signifikan dalam akumulasi lemak di dalam perut. “Umumnya, lemak lebih suka ada di bawah kulit, namun kurang tidur dapat mengarahkan lemak ke area perut yang lebih berbahaya,” ujar Profesor Kedokteran Kardiovaskular V irend Somers, M.D., Ph.D.

Perlu diketahui, meskipun penurunan asupan kalori dan berat badan terjadi saat tidur, lemak visceral terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang tidak memadai adalah pemicu menumpukmya lemak visceral, sementara tidur “pengganti” terutama dalam jangka pendek, tidak mengembalilkan akumulasi lemak visceral.

  1. Minum teh hijau

Meskipun memulai hari dengan secangkir kopi tampak seperti ritual wajib di pagi hari, menggantinya dengan teh hijau bisa menjadi ide yang bagus. Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Penelitian menunjukkan bahwa EGCG dapat sangat membantu dalam menghilangkan lemak perut.

Peliput : Rifdatul Istiqomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version