Beasiswa Indonesia Maju Telah Dibuka, Ayo Buruan Daftar!

peristiwa.info – Pusat Prestasi Nasional telah mengeluarkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Bergelar untuk peserta didik/lulusan berprestasi. BIM Program Bergelar menawarkan beasiswa jenjang sarjana dan magister baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bagi kalian yang berminat untuk mendaftar, BIM mengajukan kriteria dan persyaratan, yaitu :

Peserta didik atau lulusan pada pendidikan menengah atau pendidikan khusus dan lulusan pada pendidikan tinggi yang memiliki prestasi pada ajang talenta dan non ajang telenta. 

Prestasi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Prestasi pada ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh Puspresnas: memiliki prestasi tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu), dan/atau internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu), dan penghargaan khusus di tingkat internasional yang diperoleh selama jenjang Pendidikan Menengah untuk Program Beasiswa Bergelar (Degree) S1/D4; selama 10 tahun terakhir untuk Program Beasiswa Bergelar (Degree) S2.
  2. Prestasi pada ajang yang tidak diselenggarakan dan/atau tidak difasilitasi oleh Puspresnas: memiliki prestasi tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu) dan/atau internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu), dan penghargaan khusus yang diperoleh selama jenjang Pendidikan Menengah untuk Program Beasiswa Bergelar (Degree) S1/D4; selama 10 tahun terakhir untuk Program Beasiswa Bergelar (Degree) S2, dari ajang yang telah dikurasi oleh Puspresnas.
  3. Prestasi Non-Ajang Talenta: meiliki prestasi selama jenjang Pendidikan Menengah untuk Program Beasiswa Bergelar (Degree) S1/D4, selama 10 tahun terakhir untuk program Beasiswa Bergelar (Degree0 S2 yang tealh dikurasi oleh Puspresnas.
  4. Surat keterangan menyelesiakan program pembinaan bagi pendaftar dari program pembinaan Beasiswa Indonesia Maju.
  5. Diterima pada perguruan tinggi di dalam negeri dan program studi dengan akreditas BAN PT minimal B atau Baik Sekali.
  6. Diterima pada Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) tujuan yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

Ada beberapa tahapan seleksi program Beasiswa Indonesia Maju, yaitu :

1. Registrasi 

2. Seleksi Administrasi

3. Seleksi Substansi dan Wawancara

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 30 Juni 2022 untuk S1/D4 Luar Negeri, sedangkan S1/D4 Dalam Negeri tutup pada tanggal 31 Juli 2022. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada laman Instagram @puspresnas atau di laman https://pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id/

peliput : Andini Saudin Nabilla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version