Perhatikan! Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Laptop

peristiwa.info – Memilih laptop sebenarnya gampang-gampang susah untuk dilakukan. Apalagi biasanya kalian menginginkan laptop yang multifungsi supaya bisa melakukan pekerjaan kuliah lebih mudah dan efisien. Nah,ada beberapa faktor yang harus kalian perhatikan dalam memilih laptop yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang kalian perlukan. Dari pada bingung, yuk simak apa aja sih yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

1. CPU
CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. Fungsi CPU adalah mendukung pemrosesan data dengan melakukan fungsi mengambil, menkode, dan mengeksekusi pada instruksi yang sudah diprogram. Pekerjaan kuliah yang sangat mengandalkan CPU adalah programing, desain, editing video dan penggunaan Excel.

2. RAM
RAM berasal dari singkatan Random Access Memory, RAM merupakan suatu memori tempat penyimpanan data sementara, baik itu ketika komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak. Salah satu Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada laptop. Hampir semua pekerjaan kuliah memerlukan kapasitas RAM yang besar dan kencang akan tetapi ada beberapa pekerjaan kuliah yang mengharuskan laptop memiliki kapasitas RAM yang besar dan kencang contohnya programing, editing, desain grafis dan penggunaan Excel.

3. GPU
GPU atau Graphic Processing Unit merupakan chip yang dapat di program dan dispesialisasikan untuk keperluan display atau tampilan. GPU berfungsi untuk melakukan render pada gambar, animasi serta video yang akan ditampilkan pada layar laptop. Nah fungsi tersebut sangat berguna untuk mahasiwa yang memiliki pekerjaan kuliah seperti desain, editing video, membuat animasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan visual. Semakin bagus GPUnya maka semakin mudah juga kalian melakukan pekerjaan yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Layar monitor
Layar monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Fungsi lainnya dari layar monitor adalah menampilkan data-data berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya. Pekerjaan kuliah yang sangat membutuhkan layar monitor yang bagus hampir mirip dengan yang ada dipenjelasan GPU di atas.

5. SSD/HDD
HDD (hard disk drive) atau SSD (Solid-state drive) memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan data akan tetapi kecepatan transfer data mereka berbeda. Kenapa bisa begitu karena HDD hanya menggunakan piringan cakram sedangkan SSD menggunakan chip atau flash memory maka dari itu HDD lebih lambat dari SSD. Maka dari itu kalian harus memperhatikan perbedaan dari HDD dan SSD agar sesuai dengan pekerjaan yang kalian lakukan selama kuliah. Apabila kalian sering melakukan transfer data/file maka kalian memerlukan SSD agar proses trasnfer data/file menjadi lebih cepat tetapi apa bila kalian tidak memerlukan proses transfer data/file lebih cepat tetapi hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan data lebih besar maka tidak salah kalian memilih HDD.

Nah itu dia beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kalian sebagai mahasiswa, semoga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih laptop kalian ya!

Peliput : Ahmad Ilham Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version