Pendaftaran Magang dan Studi Independen Bersertifikat Angkatan 3 Dibuka!

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 3 telah dibuka. Mahasiswa yang memenuhi syarat awal mulai dapat melakukan registrasi di platform Kampus Merdeka, sembari menunggu proses seleksi mitra-mitra penyelenggara program. Pada periode ini Kemendikbud Ristek akan membuka kesempatan bagi lebih dari 19 ribu mahasiswa untuk melakukan magang dan studi di lebih dari 150 mitra yang lolos proses seleksi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa MSIB bukanlah program magang atau studi independen biasa. Mitra Industri yang menjadi rekanan untuk MSIB adalah perusahaan dan organisasi kelas dunia yang sudah terjamin kredibilitasnya, sehingga mahasiswa mendapatkan bimbingan (mentoring) dari para ahli yang berpengalaman. Magang dan studi independen ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan ketersediaan sumber daya manusia antara permintaan industri dengan lulusan dari perguruan tinggi. 

Program Studi Independen 

  1. Pembelajaran mandiri yang membantu mahasiswa menguasai keahlian atau keterampilan bidang teknologi digital.
  2. Terdapat porsi pembelajaran synchronous, untuk mewadahi interaksi dengan pengajar, mentor, dan mahasiswa lain. 
  3. Pembelajaran dilengkapi dengan studi kasus riil bernilai tinggi yang dikerjakan dalam tim. 
  4. Dibimbing oleh seorang mentor profesional penuh waktu, dengan rasio maks. 1:25 
  5. Disertai dengan sertifikat kompetensi di akhir program.

Kriteria Mahasiswa

  1. Pada saat pelaksanaan program, mahasiswa program diploma dua terdaftar pada paling rendah semester 3 (tiga), mahasiswa program diploma tiga terdaftar pada paling rendah semester 4 (empat), dan mahasiswa program sarjana terapan atau sarjana terdaftar pada paling rendah semester 5 (lima). 
  2. Pada saat Program MSIB dimulai, yang masih aktif atau belum yudisium, serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu Program MSIB berlangsung Mahasiswa aktif pada program diploma dua, diploma tiga, sarjana terapan, dan sarjana dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam koordinasi Kemendikbud Ristek. 
  3. Sanggup menjalani program MSIB secara penuh-waktu (fulltime) dan tidak dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan lain (kuliah, kuliah kerja nyata, skripsi/Tugas Akhir, bekerja, program Kampus Merdeka, atau program magang lainnya).
  4. Berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan Program MSIB hingga selesai sesuai kesepakatan yang tertuang dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Mahasiswa yang ditandatangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi (Rektor/Wakil Rektor Bidang Akademik atau Bidang Kemahasiswaan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi).
  5. Mendapat surat rekomendasi untuk mengikuti Program MSIB dari pimpinan Perguruan Tinggi yang menangani bidang kemahasiswaan; dan 
  6. Memenuhi kualifikasi pada posisi yang dibuka oleh Mitra Program MSIB dan lulus proses seleksi Mitra.

Jadwal Pelaksanaan program MSIB angkatan ke-3 

  1. W4 Mei – Juni 2022

Proses review proposal mitra oleh reviewer independen

  1. Juni-W1 Juli 2022

Publikasi & Pendaftaran Peserta

  1. Juni – W2 Juli 2022

Seleksi & Penerimaan calon peserta program dan proses konsolidasi dengan kampus asal mahasiswa

  1. W4 Juli 2022

Proses onboarding mahasiswa ke program Mitra

Persyaratan dan informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman serta media sosial resmi MSIB berikut.

Peliput : Bima Palty Ananta Munthe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version