17 Mei Peringatan Hari Buku Nasional, Simak Sejarah dan Cara Merayakannya
Kabar Kampus

17 Mei Peringatan Hari Buku Nasional, Simak Sejarah dan Cara Merayakannya 

Peristiwa.info – Selasa (17/5), telah diperingati sebagai Hari Buku Nasional sekaligus merupakan HUT Perpustakaan Nasional Ke-42. Melansir dari situs Kemdikbud, Hari Buku Nasional digagas oleh Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong, yakni Abdul Malik Fadjar. 

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah. Melalui peringatan Hari Buku Nasional, diharapkan tingkat kepedulian untuk membaca buku semakin besar. Dengan membaca buku, kita jadi semakin kaya akan pengetahuan dan informasi dari seluruh dunia. 

Selain Hari Buku Nasional, tanggal 17 Mei juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional RI. Melansir dari situs Perpusnas, tema untuk HUT Perpusnas ke-42 tahun ini adalah Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.

Peringatan hari jadi Perpusnas ke-42 tahun mengajak para tokoh nasional untuk membahas upaya menghadirkan bahan bacaan yang berkualitas bagi masyarakat. Perpustakaan dituntut untuk tetap dapat memberikan pelayanan pengetahuan dalam format digital seiring dengan kemajuan teknologi.

Kegiatan hari jadi Perpusnas akan berlangsung pada tanggal 17-30 Mei 2022. Rangkaian acaranya terdiri dari:

  • Peluncuran 12 (dua belas) inovasi layanan digital Perpusnas
  • Pameran koleksi unggulan
  • Kelas virtual
  • Kegiatan webinar tematik
  • Talkshow

Buku memaparkan kita pada informasi baru, memungkinkan kita menjelajahi minat secara mendalam. Kita dapat melihat berbagai hal melalui perspektif yang beragam dan belajar dari orang lain yang telah mempelajari topik yang diminati secara mendalam. Landasan pengetahuan yang meningkat ini membantu kita membuat pilihan yang lebih baik. Hari Buku Nasional mewadahi kita serta terus mengingatkan kita bahwa buku menjadi bagian penting dalam tonggak pengetahuan bangsa.

Banyak cara untuk merayakan Hari Buku Nasional, dari cukup dengan diri sendiri maupun secara berkelompok. Mulai dari pergi ke toko buku dan membaca buku favoritmu hingga mengulas buku dan membagikannya ke sosial media. Yuk rayakan hari buku nasional dengan  caramu sendiri.

“Aku rela dipenjara bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” – Moh. Hatta, wakil presiden Republik Indonesia yang pertama.

Peliput : Iqbal

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *