Ternyata Ini Pantangan-Pantangan Saat Imlek

Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa perayaan Tahun Baru Imlek akan memengaruhi keberuntungan mereka setahun mendatang. Itu sebabnya mereka percaya ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak mempengaruhi keberuntungan mereka.

Umumnya, masyarakat Tionghoa menganggap hari pertama tahun baru Imlek merupakan awal mulanya nasib dan keberuntungan sepanjang tahun tersebut.
Suasana penuh suka cita, tak berarti tidak ada pantangan.
Selain menjalankan tradisi yang dianggap bisa membawa keberuntungan, warga Tionghoa juga berusaha menghindari beberapa hal yang dianggap tabu karena bisa membawa mereka pada kemalangan, termasuk 5 hal di bawah ini!

1. Mencuci rambut dan pakaian
Dalam bahasa Mandarin kata 发 dibaca “Fā”memiliki arti rambut. Sedangkan kata 发财 dibaca “Fācái” memiliki arti menghasilkan uang atau menjadi kaya. Sehingga mencuci rambut pada tahun baru Imlek dianggap dapat membuang uang di masa depan.

Disisi lain, hari pertama dan kedua Imlek merupakan hari ulang tahun 水 神 “Shuishen” yaitu dewa air dalam kepercayaan warga Tionghoa dan membuang air ditakutkan akan membuat dewa air tersinggung.

2. Memakai pakaian berwarna hitam dan putih

warna hitam dan putih adalah pembawa nasib buruk karena pakaian dengan dua warna itu dipakai pada hari pemakaman. Memakai pakaian berwarna putih dan hitam hanya akan mengundang nasib buruk seperti kematian anggota keluarga.

3. Menyusun barang atau apa pun dengan jumlah empat

Dalam kepercayaan warga Tionghoa, angka 8 adalah angka keberuntungan karena bentuknya yang sambung menyambung sehingga dipercaya dapat memberikan rezeki yang tidak putus-putus.

Kebalikannya warga Tionghoa kurang menyukai angka 4 karena merupakan angka yang melambangkan kematian. Jadi mereka akan menghindari menyusun makanan atau apa pun dalam jumlah 4.

4. Jangan menyapu atau membuang sampah

Kegiatan menyapu pada tahun baru Imlek diyakini sama dengan menyapu keberuntungan. Begitu halnya dengan membuang sampah, kegiatan ini melambangkan bahwa Anda membuang keberuntungan dari rumah. Jadi hindari kedua hal ini ya!

5. Anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh mengunjungi rumah orang tuanya

Anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi rumah orang tuanya saat Tahun Baru Imlek, karena diyakini dapat membawa sial bagi orang tuanya, terutama dalam aspek finansial. Biasanya seorang anak perempuan yang sudah menikah mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

Nah, ini dia hal-hal yang harus di hindari saat imlek, semoga kebaikan selalu menyertaimu ya! Khususnya buat kamu yang merayakan Imlek, selamat tahun baru.

Peliput : Patricia

Editor : Christine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version