Uang Saku Kalian Kurang? Yuk Simak Solusinya

peristiwa.info – Seorang mahasiswa biasanya sering bermasalah mengenai keuangan. Pengeluaran yang tidak sedikit membuat mereka kesulitan mengelola keuangan, terlebih jika bagi yang merantau dan jauh dari orang tua. 

Agar keuangan tetap stabil berikut ada beberapa tips untuk kamu agar tidak hanya bergantung dari uang saku yang diberikan orang tua. Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang saku saat kuliah, yaitu :

1. Kerja Part Time

Menjadi pekerja part time atau paruh waktu bukan hal asing lagi sekarang. Pekerjaan ini sangat membantu bagi kaum muda yang ingin menambah penghasila. Banyak anak muda seperti mahasiswa mengambil pekerjaan ini. Karena waktunya yang fleksibel dan tidak mengganggu jadwal kuliah kamu. 

2. Guru Les Privat

Memanfaatkan ilmu pengetahuan yang kamu miliki untuk menjadi guru les privat. Pekerjaan ini dapat dicoba karena tidak bersifat terikat jangka panjang.

3. Jualan via Online 

Menambah penghasilan dengan berjualan online shop juga bisa jadi solusi. Apalagi buat kamu yang punya jiwa entrepreneur. Selain itu berjualan secara online tidak memerlukan biaya yang cukup banyak dibandingkan berjualan dengan membuka offline store. Jika kamu tidak mau repot, kamu juga bisa hanya menjadi Reseller

4. Freelance

Untuk kamu yang ingin memiliki uang tambahan, kamu bisa mencoba tenaga freelance atau pekerja lepas . Menjadi Freelancer sendiri tentu bisa dimulai sesuai dengan passion kamu, seperti Fotografer, Penulis, Editor, dll.

5. Asisten Dosen

Asisten dosen merupakan kesempatan yang berharga bagi seorang mahasiswa yang terpilih. Karena kamu bisa lebih dekat dengan dosenmu dan belajar lebih banyak darinya. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, menjadi asisten dosen juga membuka kesempatan untuk kamu bisa terlibat dalam proyek atau karya akademis yang memberi kamu pengalaman berharga dan uang saku tambahan. Serta kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan beasiswa.

Sumber : Kumparan.com

Peliput : Naufal Adlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version