Tetap Waspada! Ini Salah Satu Gejala Omicron yang Perlu Dicek Segera

peristiwa.info – Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia sekarang terus melonjak. Tentu kita perlu waspada karena orang yang terinfeksi varian Omicron memiliki gejala persis seperti flu biasa, yaitu batuk dan demam. Meskipun COVID-19 varian Omicron diketahui menyebabkan gejala yang mirip dengan jenis sebelumnya, ada banyak bukti dimana varian ini juga bisa memicu gejala yang tidak terduga di antara pasien. Ahli kesehatan menyebutkan gejala COVID-19 varian Omicron bisa bertahan lama di tubuh.


Omicron merupakan jenis baru dari COVID-19 yang baru muncul dari bulan Desember. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat varian ini sudah menyebar ke-17 negara di dunia sejak Desember lalu. Varian Omicron dikatakan sangat menular, tetapi lebih ringan dibandingkan dengan Delta. Gejala seperti demam ringan, tenggorokan gatal, nyeri tubuh ekstrem, keringat malam, pilek, bersin, muntah dan kehilangan nafsu makan dikatakan menunjukkan adanya Omicron dalam tubuh.

Sama seperti varian lain dari COVID-19, masyarakat yang terpapar Omicron juga memiliki tidak dapat mencium bau dan merasakan makanan di lidah. Namun, beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut. Tinggi angka penularan varian Omicron di Indonesia saat ini menjadi peringatan agar kita tidak menganggap varian baru ini sebagai kasus yang ringan. Apalagi, peneliti mengungkapkan Omicron dapat bermutasi 4 kali lebih mudah menular daripada Delta, tetapi dengan gejala yang mirip.


Meski varian Omicron menimbulkan gejala layaknya flu ringan, namun hal ini tidak boleh dianggap enteng. Virus Corona menyebabkan infeksi yang jauh lebih parah yang mempengaruhi beberapa organ pada satu waktu.
Peliput : Rifdatul Istiqomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version