Tetap Kurus Walau Makan Banyak? Ini Kemungkinan Penyebabnya

peristiwa.info – Di tengah banyak orang yang mengeluhkan sulit menurunkan berat badan, ternyata ada pula yang mengeluhkan sulit menaikkan berat badan meski sudah makan banyak. Bagi sebagian orang, memiliki badan kurus atau kurang berisi mungkin terasa kurang menyenangkan. Kondisi ini dikhawatirkan bisa menjadi gejala suatu penyakit ataupun mengganggu penampilan.

Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah makan banyak. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Genetik dan Keturunan
    Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori ddalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.
  2. Terlalu banyak beraktivitas
    Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan susah naik. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika aktivitasmu berlebihan, misalnya berolahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuhmu akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.
  3. Stress
    Stress memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kamu kesulitan meningkatkan berat badan. Beragam hal bisa menjadi penyebab stres, mulai dari krisis kepercayaan diri, masalah keluarga, hingga masalah pekerjaan.
  4. Masalah kesehatan
    Sebagian orang yang banyak makan tapi kurus mungkin juga mengalami masalah kesehatan. Menurut Livestrong, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami kesulitan menaikkan berat badan. Sebab, bisa jadi itu adalah tanda masalah kesehatan tertentu, seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes yang tidak terdiagnosis, atau masalah pencernaan kronis. Jika ada masalah kesehatan yang mendasari mengapa seseorang banyak makan tapi kurus, maka mengobati kondisi tersebut bisa membantu kita untuk menaikkan berat badan lagi.

Selain itu, berat badanmu juga bisa sulit naik apabila sedang menjalani pengobatan tertentu, kecanduan alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Sumber : Alodokter.com

Peliput : Rizalya Apriandita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version