Banjir Parah di Kalimantan Tengah, Keluarga Mahasiswa FH ULM Open Donasi!

Peristiwa.info – Banjir di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) semakin meluas. Laporan sementara hingga saat ini setidaknya 11 dari 14 kabupaten/kota di provinsi itu terendam banjir. Pemerintah setempat mengimbau masyarakat khususnya di bagian hilir sungai, akan potensi banjir yang lebih besar. Banjir ini disebabkan oleh intensitas hujan tinggi yang berlangsung lama dan semakin diperparah karena cuaca yang ekstrem. 

Sebelumnya, banjir melanda tujuh kabupaten di Provinsi Kalteng selama lebih kurang dua minggu. Wilayah yang terendam banjir adalah Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Lamandau, dan Kotawaringin Barat. Kini terdapat empat kabupaten/kota baru yang wilayahnya mulai terendam banjir, yakni Barito Utara, Kota Palangkaraya, Murung Raya, dan Sukamara.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng menunjukkan, banjir melanda di 23 kecamatan, 123 kelurahan/desa, dengan jumlah 12.006 keluarga atau 17.759 orang terdampak. Saat ini 109 keluarga mengungsi ke posko-posko darurat yang disiapkan pemerintah kecamatan.

Untuk meringankan beban saudara-saudari kita disana, Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum ULM mengadakan open donasi berupa uang yang ditujukan untuk daerah-daerah yang terdampak musibah banjir Kalteng:
– Kabupaten Katingan : 15.747 jiwa
– Kabupaten Kotawaringin Barat : 1.603 jiwa
– Kabupaten Pulang Pisau : 51 KK
– Kabupaten Seruyan : 5.399 jiwa
– Kabupaten Kotawaringin Timur : 43 KK
– Kabupaten Sukamara : 154 KK
– Kabupaten Murung Raya : 154 KK
– Kabupaten Lamandau : dalam pendataan
– Kabupaten Gunung Mas : dalam pendataaan

Donasi ini bisa disalurkan melalui Bank BRI 7129 0101 2893 533 a/n Arawenda Tiara, dan untuk informasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak WA: 0821-9793-5729 a/n Arawenda. Donasi ini diharapkan bisa meringankan beban saudara-saudari kita disana yang terdampak musibah tersebut. Semoga lekas pulih. Yuk mari berdonasi!

Peliput: Ahmad Sayuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version