Semester Baru Kok Semangatnya Layu? Yuk Cek Tips-Tips Ini Supaya Semangat Belajarmu Kembali!

Peristiwa.info – Pandemi Covid-19 yang tak tentu kapan berakhirnya memaksa kita untuk kuliah secara online selama hampir 2 tahun terakhir. Kita pun harus terbiasa dengan pahit manisnya kuliah online. Berikut beberapa tips agar belajarmu tetap efektif walaupun hanya dirumah!

1. Cari tempat ternyaman untuk belajar 

setiap orang pasti memiliki tempat favorit di rumah mereka. Hal ini juga biasanya mempengaruhi mood belajar. Jadi pilihlah tempat yang nyaman dan yang tidak membuatmu merasa ngantuk. 

 

2. Buat rencana belajar 

Tulis dengan rapi apa yang akan kamu pelajari hari ini dan besok. Metode ini cukup efektif agar kamu tidak perlu lagi merasa bingung akan belajar apa. Buat rencana belajar pada malam hari untuk persiapan esok. 

3. Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu fokus belajar

Karena kita belajar di rumah, pastinya banyak sekali godaan ketika belajar, contohnya godaan membuka sosmed dan lainnya. Untuk mengatasi ini kamu bisa menjauhkan ponselmu dan gunakan aplikasi pesan secukupnya melalui laptop atau komputer untuk mengetahui informasi perkuliahan. 

 

4. Ingat jadwal perkuliahan

Pasang pengingat untuk setiap mata kuliah agar kamu tidak telat menghadiri kuliah daring. 

 

5. Sisihkan waktu untuk istirahat 

Istirahat  juga dibutuhkan saat belajar, setidaknya sisihkan waktu 30 menit untuk bersantai sebelum masuk kelas daring selanjutnya. Hal ini berguna untuk otak agar kembali fresh dan dapat menerima materi dengan baik.

 

Peliput : Qathrunnada Al Muhyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version